Asian Games 2018 Harus Untungkan Perajin Songket

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. GELARAN Asian Games harus dapat mendongkrak kinerja para pelaku usaha kecil dan menengah terutama para perajin kain songket yang menjadi ciri khas Palembang, Sumatera Selatan, sebagai salah satu kota yang menjadi tuan rumah.

Demikian diungkapkan Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat membuka acara Lokakarya Nasional, Open Forum, dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Tahun Buku 2017 di Palembang, Sumatera Selatan.

Diperkirakan, lebih dari 5 ribu orang yang terdiri dari atlet, official, serta suporter masing-masing negara peserta akan mengunjungi kota tersebut.

“Momen ini harus dimanfaatkan untuk mengangkat ekonomi kerakyatan sekaligus memperkenalkan produk-produk kita kepada dunia,” ujar Puspayoga melalui keterangan resmi, Senin (7/5).

Ia mengungkapkan produk kerajinan buatan tangan (hand made) memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang diciptakan dengan mesin. Maka, ia berharap masyarakat setempat bisa mulai meningkatkan produksi mereka sehingga ketika pesta olahraga akbar se-Asia itu dimulai, persediaan yang ditawarkan sudah mencukupi.

“Keunggulan dan kekhasan produk UKM kita adalah handmade. Saya yakin Songket Palembang akan menjadi buruan spesial para pelancong Asian Games,” tandas Puspayoga.

Sumber: Mediaindonesia.com

Posted by: Admin Transformasinews.com