Kapolri Jenderal Tito Karnavian: Semua yang Terlibat Pungli Kita Tindak Tegas

Jenderal Tito di Markas Besar Polda Sumsel, Jumat (28/4).

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG. Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengatakan segera menindaktegas mereka yang terlibat dalam kasus  pungutan liar yang dilakukan  oknum Kepolisian Daerah Sumatera Selatan satu bulan lalu. Hal itu diungkapkan Tito di Markas Besar Polda Sumsel, Jumat (28/4).

“Kelima belas oknum baik dari yang berpangkat Kombes Pol hingga AKBP sudah dinobjob-kan sampai saat ini. Semuanya sudah dipindahkan, tidak lagi memegang tugas,” ujar Jenderal Bintang 4 asal Palembang ini.

Kelima belas oknum tersebut akan menjalani sidang kode etik untuk mengakhiri dan memutuskan tugasnya di kepolisian. Diakuinya, kode etik akan dilaksanakan dalam jangka waktu dekat.

“Mereka akan diproses hukum secara internal. Untuk polisi berpangkat Kombes Pol, proses sidang kode etik akan dilakukan di Mabes Polri. Sedangkan pangkat AKBP kebawah adalah kewenangan Kapolda,”terang mantan Kadensus 88.

Lanjut orang nomor satu di Kepolisian Indonesia ini, saat ini kepolisian sedang dalam tahapan untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM) reformasi. SDM kita, mulai dari sekolah bintara, akpol hingga sekolah perwira dilakukan secara terbuka.

“Mulai dari pendaftaran, seleksi hingga pengumuman dilakukan secara terbuka. Pengumuman juga dilakukan secara digital sehingga tak ada yang ditutup-tutupi,” kata mantan Kapolda Papua ini.

Atas kasus tersebut, kata dia, merupakan strategi kepolisian untuk memperbaiki SDM rekrutmen anggota kepolisian. Ia mengaku telah menekankan ke Kapolda agar jangan sampai ada mafia dalam proses rekrutmen. Kapolda Sumsel diberikan apresiasi karena berhasil mengungkap mafia rekrutmen di Sumsel.

Sumber: Fornews(bay)

Posted by: Admin Transformasinews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.