Enak Banget Jadi Mantan Ketua KPU dan Bawaslu, Masih Terima Rp. 51,7 Juta dari Negara

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. Mantan anggota penyelenggara pemilu, baik itu KPU atau Bawaslu, akan mendapat uang kompensasi setelah selesai menjabat sebagai penyelenggara pemilu.

Dan, uang kompensasi ini akan diberikan pada akhir masa jabatannya. Jadi, mantan KPU dan Bawaslu sedikit bergembira lantaran akan mendapatkan penghargaan berupa uang dari anggaran negara.

Sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 22 tahun 2015 dan Peraturan Presiden nomor 108 tahun 2016, tercatat bahwa besaran jumlah uang penghargaan yang diperoleh dari negara untuk Ketua KPU dan Bawaslu adalah sebesar Rp.51.750.000, sedang anggota KPU dan Bawaslu sebesar Rp.45.000.000 per orang.

Sedangkan besaran jumlah uang penghargaan bagi Ketua KPU Provinsi dan Komisi Independen pemilihan Aceh sebesar Rp.21.600.000.

Dan, anggota KPU provinsi maupun Komisi Independen pemilihan Aceh mendapat uang penghargaan hanya sebesar Rp.18.000.000 per orang.

Kemudian, dengan uang penghargaan bagi mantan anggota KPU atau Bawaslu ini bisa hilang, atau negara tidak akan memberikan sama sekali lantaran dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 tahun atau lebih.

Sumber:Klikanggaran.com

Posted by: Admin Transformasinews.com