OTT Pejabat Kemenhub, KPK Sita Sejumlah Uang

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya membenarkan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan penyidik lembaga anti-rasuah itu.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis pagi mengatakan, bahwa benar ada OTT yang dilakukan KPK di Jakarta, Rabu kemarin malam.

Menurut Febri, ada sejumlah uang yang diamankan penyidik KPK.” Kami perlu waktu untuk menghitungnya. Ada yg USD, SGD dan mata uang asing lain serta rupiah, “kata Febri saat dikonfirmasi.

Masih menurut Febri, bahwa yang diamankan adalah pejabat atau penyelenggara negara. “Pemeriksaan intensif sedang dilakukan. Sesuai KUHAP ada waktu paling lambat 24 jam sebelum menentukan status,”tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, kembali ada operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (23/8/2017). Bahkan ruang kerja Dirjen Hubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono telah disegel oleh penyidik lembaga anti-rasuah itu.
Ruang kerja di Kantor Kemenhub RI, di Jalan Medan Merdeka Barat nomor 8, Gambir, Jakarta Pusat, itu disegel menggunakan pita berwarna belang merah dan hitam (KPK line).

Sebelumnya, kabar yang beredar menyebutkan, ada pejabat eselon 1 yang turut terjaring dalam OTT tim satuan tugas (Satgas) KPK. Pimpinan KPK, Saut Situmorang yang dikonfirmasi mengenai hal ini pun tak membantah kabar tersebut.

Meski begitu, dia masih enggan memberikan keterangan secara rinci. “Saya cross chek (periksa kembali) dulu ya sudah sejauh apa tindakan yang dilakukan di lapangan,” katanya, melalui pesan singkat, Kamis (24/8/2017) pagi.

Ia pun meminta awak media massa bersabar. Informasi selengkapnya akan disampaikan melalui jumpa pers. “Kita masih punya waktu 24 jam membuktikannya. Sabar ya,” imbuhnya.

OTT KPK Terhadap Pejabat Kemenhub Diduga Terkait Suap Izin Proyek

Komisi Pemberasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan atau OTT pejabat eselon 1 di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu malam, 23 Agustus 2017 diduga terkait suap izin proyek.

Belum diketahui pasti siapa pejabat Kemenhub yang terjaring OTT, namun pada Kamis dinihari pukul 00:30 petugas KPK menyegel ruangan Dirjen Perhubungan Laut Tony Budiono.

Informasi yang beredar pejabat Kemenhub yang diciduk mengarah kepada Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub Tony Budiono. Ini karena ruangan yang bersangkutan yang disegel penyidik KPK. Hanya saja belum ada keterangan resmi soal ini. Dugaan sementara, suap berkaitan dengan ijin proyek infrastruktur perhubungan laut.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan penyidiknya telah melakukan OTT terhadap anak buah Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan. Namun, dia belum bersedia membeberkan identitas yang bersangkutan. “Tolong sabar dulu ya,” kata Agus, Kamis pagi (24/8/2017).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah juga belum bisa menjelaskan rinci siapa yang ditangkap. “Saya pastikan dulu informasinya,” ucap Febri.

Humas Kementerian Perhubungan Kemenhub belum bisa memberikan penjelasan, namun berjanji akan mengeluarkan rilis dalam waktu segera.

Sumber: Poskotanews.com  (julian/dwi)

Posted by: Admin Transformasinews.com