Jalan Longsor dan Amblas di Kikim Lahat

Kondisi badan jalan menuju desa-desa di Kecamatan Kikim Timur, Kikim Selatan dan Pseksu, panjang badan jalan yang amblas lebih kurang 40 meter. Foto:RMOLSumsel

TRANSFORMASINEWS, LAHAT.  Jalan penghubung kecamatan di perbatasan Desa Gelumbang dan Desa Gunung Aji Kecamatan Kikim Timur, kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Badan jalan akses penghubung  tiga kecamatan itu, amblas hingga nyaris menyisakan separuh badan jalan saja.  Kondisi badan jalan menuju desa-desa di Kecamatan Kikim Timur, Kikim Selatan dan Pseksu itu, semakin menyempit.

Pengendara roda empat maupun roda dua harus berhati-hati saat melintasi  jalan yang bersebelahan langsung dengan jurang sedalam sekitar 20 meter menuju Sungai Linsing tersebut.

Dari pantauan wartawan, panjang badan jalan yang amblas lebih kurang 40 meter. Amblasnya badan jalan  penghubung ini, disebabkan terkikisnya tanah pada bagian bawah jalan, akibat arus air pada pinggiran Sungai Air Linsing.
Selain itu, hujan deras yang mengguyur wilayah Lahat belakangan ini, juga menjadi faktor penyebab. Apalagi, di pinggiran sungai tersebut tidak ada pohon besar sebagai penyangga tanah.

Jika tidak segera diperbaiki, maka dikhawatirkan  kerusakan jalan akibat  longsor akan semakin parah. Amin (30), seorang warga setempat mengaku, hingga saat ini belum ada perbaikan di jalan kabupaten tersebut.

Menurut dia, amblasnya badan jalan itu,  telah terjadi sejak setahun belakangan.

“Kami berharap agar jalan ini segera diperbaiki, kami takut melintas saat malam hari, karena  kondisi jalan agak gelap sehingga pengendara bisa saja masuk  ke jurang jika tidak berhati-hati,” keluhnya.

Sumber:[RMOL/AR]

Leave a Reply

Your email address will not be published.