Siapkan Rumah Warga Sebagai Home Stay, Jelang Asian Games

disbudpar susmel irene
Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Irene Camelyn Sinaga, Dok.Foto:Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Menjelang perhelatan Asian Games 2018 mendatang, yang mana nantinya akan banyak atlet, official, dan para sporter yang datang ke kota Palembang.

Tentu saja, kota Palembang harus mempersiapkan penginapan bagi para tamu tersebut.

Tak hanya menyiapkan hotel-hotel yang ada di kota Palembang. Namun Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta kepada Pemerintah kota (Pemkot) Palembang untuk mendata rumah-rumah yang layak huni di kota Palembang, yang nantinya dapat digunakan sebagai home stay bagi para wisatawan.

“Kami minta para lurah yang ada di kota Palembang untuk mendata warganya yang memiliki rumah layak huni. Nantinya rumah tersebut akan digunakan untuk home stay,” ujar Kepala Disbudpar Provinsi Sumsel, Irene Camelyn usai menggelar rapat di kantor walikota Palembang, Kamis (9/2/2017).

Irenepun menjelaskan‎,banyak potensi wisata di Palembang yang menarik untuk dikembangkan.

Terutama kawasan di tepian Sungai Musi yang saat ini menjadi perhatian penting.

Namun untuk mendukung itu semua, sangat diperlukan partisipasi masyarakat setempat dengan menyediakan ruang bagi tamu yang akan datang.

“Jadi kita juga meminta lurah untuk mendata kelompok masyarakat yang sadar akan wisata di setiap wilayahnya,” tegasnya.

Irene menegaskan, pengembangan wisata yang ada di kota Palembang, tentu saja akan berdampak positif bagi masyarakat setempat.

Irene memberikan contoh di Kampung Al Munawar kawasan 13 Ulu.

Menurut Irene, di kawasan tersebut saat ini telah menjadi pilot project Disbudpar Sumsel.

“Kaitannya tentu pada pengaruh ekonomi dan kesejahteraan. Karena asumsi kita di tahun 2018 sudah terisi 10.000 kamar home stay, sementara target kita di tahun 2017 ini 50 saja sudah bagus untuk mengakomodir permintaan 1000 homestay dari pusat,” ungkapnya.‎

Sumber: Tribunsumsel

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Hartati
Posted by: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.