Sumsel dan DKI Jakarta Siap Menjadi Tuan Rumah Bersama Asian Games

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin berbincang akrab seusai rapat persiapan Asian Games dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo  

Jakarta – Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat menemui Honorary Vice President of Olympic Council of Asia (OCA), Wei Jizhong di Balai Kota DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/8). Pertemuan tersebut membahas soal Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Indonesia.

 

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan bahwa Palembang siap untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. “Meski begitu, belum ada pembagian cabang olahraga mana saja yang akan dipertandingkan di Palembang serta Jakarta. nanti Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan DKI Jakarta akan bekerja sama untuk membahas soal ini” ungkap Alex.

 

Alex berharap, Sumatera Selatan yang nantinya dapat menjadi Main Host sehingga pemerataan pembangunan di Indonesia akan lebih baik dengan memamfaatkan momen Asian Games tersebut. Namun, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap bekerja sama dalam mensukseskan penyelenggaraan Asian Games dengan Pemprov DKI Jakarta setelah ditentukannya oleh  General Assembly of OCA, setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2019 pungkasnya.

 

Sementara itu, Honorary Vice President of Olympic Council of Asia (OCA), Wei Jizhong menyatakan pihaknya baru melakukan inspeksi dan penilaian pada pengajuan dari pemerintah Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games. “Setelah 2 kali inspeksi, ia menyatakan Indonesia adalah negara yang paling dekat dan siap melaksanakan Asian Games. Namun Jakarta is a Capital City but infrasrukturnya sudah tua.” ucapnya.

Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin dan Ir. Jokowi dodo rapar bersama membahas persiapan asian games di balai kota  DKI Jakarta

Pada pertemuan tersebut, Honorary Vice President of Olympic Council of Asia (OCA), Wei Jizhong menyatakan secara pribadi sangat setuju Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Meski begitu, ia mengatakan jika penentuan terakhir tuan rumah Asian Games ada di tangan General Assembly of OCA. “Keputusan akhir akan ditentukan oleh General Assembly of OCA,” pungkasnya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo mengatakan OCA telah berikan statement, arahan dan asistensi kepada kami semua .“Sebagai tanda penunjukan tuan rumah Asian Games, Indonesia akan diundang ke kongres OCA di Korea Selatan dan akan diserahkan bendera saat penutupan Asian Games di Incheon Korea Selatan. Kita akan diundang untuk kongres Council Asia di Incheon (Korea Selatan) sebelum pembukaan, dan penyerahan bendera saat penutupan Asian Games di Incheon,” ujarnya.

 

Gubernur DKI Jakarta, H Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Tetapi sentralisasi itu kurang baik. Sumsel siap dengan Jakabaringnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto dan Ketua KONI Provinsi Sumsel, Muddai Madang..(adv/rilis humas pemprov sumsel)

Leave a Reply

Your email address will not be published.