74,6 Miliar di Kementerian Pertanian Tidak Diketahui Keberadaannya

ilustrasi lukisan penani/net

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. Amanat anggaran negara yang diberikan oleh rakyat dalam bentuk pajak kepada pemerintah tidak lain bertujuan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia, termasuk salah satunya di bidang pertanian.

Yaitu dengan diberikannya peralatan pertanian dan mesin oleh pemerintah untuk rakyatnya yang sudah disediakan dari APBN melalui Kementerian Pertanian.

Namun, siapa sangka hal itu tidaklah semulus yang dipikirkan. Sebagaimana dari laporan keuangan yang diperoleh, Kementerian Pertanian menyajikan nilai Peralatan dan Mesin (sebelum penyusutan) per 31 Desember 2015 sebesar Rp. 4,9 triliun.

Dari nilai tersebut, peralatan dan mesin sebesar Rp. 74,6 miliar tidak diketahui keberadaannya. Sehingga tidak dapat diyakini kewajarannya.

Hal ini memperlihatkan ketidakseriusan pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian dalam membantu rakyat dan petaninya dalam cita-cita sejahtera.

Masa anggaran sebesar Rp .74,6 miliar atas peralatan dan mesin tersebut, lenyap entah ke mana. Pantesan petani-petani Indonesia jauh dari kata sejahtera, karena tersumbat kesejahteraanya oleh kepintaran para penguasa lembaga pemerintah semacam Kementerian Pertanian.

Mungkin, rakyat akan beranggapan, anggaran tersebut telah dikorupsi. Melihat hal demikian, rakyat dan petani hanya bisa geleng-geleng kepala.

Masih belum cukupkah gaji yang diberikan dari keringat para petani? Sehingga mengorbankan kesejahteraan petani dengan memusnahkan peralatan dan mesin seharga Rp. 74,6 miliar, yang seharusnya diberikan kepada petani malah tidak diketahui keberadaanya, alias lenyap.

Tidakkah ini penting bagi rakyat dan para petani?

Maka, sudah saatnya lembaga KPK dan aparat hukum bangkit dan lakukan tugasnya untuk mengetahui kebenaran atas peralatan dan mesin seharga Rp. 74,6 miliar yang tidak ketahui keberadaanya.

Karena rakyat tahu, kalian bersama rakyat dan petani, saling bahu membahu memusnahkan perilaku-perlaku korupsi di Indonesia, di lembaga kementerian yang mendapat kucuran dana dari uang rakyat.

Sumber: Klikanggaran.com

Posted by: Admin Transformasinews.com