Waka DPRD OKUT Diperiksa Terkait SPJ

Arsip Wednesday, 20 January 2010

MARTAPURA (SI) – Wakil Ketua DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Gumari,kemarin diperiksa Unit II Satuan Tindak Pidana Korupsi (Sat Tipidkor) Diretorat Reserse Kriminal (Dit Reskrim) Polda Sumsel dibawah pimpinan Kompol Frido Situmorang, terhadap kasus dugaan SPJ fiktif.

Berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan anggota dan bukti administrasi, tersangka diduga mengambil uang namun tidak berangkat Kunjungan kerja (Kunker) ke Tegal Jawa Tengah (Jateng) dari 2-6 November 2009.

Kompol Frido Situmorang mengatakan kedatangan penyidik ke DPRD OKU Timur untuk mencari bukti akurat terkait dengan dugaan SPJ fiktif yang sudah lama dilaporkan dan masuk ke Polda. ”Langkah awal ini kita masih memeriksa administrasi kedepan kita akan meminta keterangan ketua, wakil ketua DPRD dan sekwan terkait kunjungan ke Tegal itu,”katanya.

Berdasarkan hasil penyidikan tim penyidik didapat sejumlah kejanggalan dan bukti yang bersangkutan diduga benar telah mengambil uang yang dibuktikan dengan adanya tanda terima pengambilan uang.

Dia juga mengatakan dari jumlah 45 orang anggota dan pimpinan dewan yang berangkat hanya 41 orang. ”Sedangkan empat lainnya tidak berangkat termasuk Gumari.Namun tiga orang yang tidak berangkat itu tidak mengambil uang sedangkan Gumari diduga tidak berangkat tetapi mengambil uang,”jelasnya lagi.

Sementera itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD OKU Timur Mahfuz Abbas Husin melalui Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Protokol M Zaini membenarkan kedatangan tim penyidik Tipikor yang melakukan pemeriksaan terkait seputar perjalanan dinas fiktif. Administrasi seluruh anggota diperiksa oleh penyidik.

Berdasarkan hasil pantauan di kantor DPRD Sumsel,polisi melakukan pemeriksaan secara tertutup di salah satu ruangan yang ada di ruangan Sekretariat dewan terhadap PLT Kabag Keuangan Erlan Yusmar dan Kabag Protokol M Zaini.

”Pemeriksaan dimulai dari pukul 13.00 WIB hingga sore hari.Sedangkan Gumari saat polisi melakukan pemeriksaan tidak berada di kantor,”jelasnya.

http://okutimurnews.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.