Sosialiasasi Penanganan KDRT di OKU Timur

GOW Antusias Mengikuti Pelatihan

KEKERASAN_DALAM_RUMAH_TANGGA_(KDRT)
net

TRANSFORMASINEWS,OKUT-Kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan menjadi perbincangan hangat saat ini. Hal tersebut dapat dijumpai dimana saja dan dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang status sosial, bahkan tidak hanya pada orang dewasa kasus tindak kekerasan juga banyak terjadi pada anak-anak dimana pelaku adalah kerabat atau orang tua sendiri.
Faktor utama penyebab kekerasan yang terjadi adalah keadaan ekonomi dan kurangnya pendidi¬kan. Selain itu persepsi bahwa laki-laki memiliki kepemilikan terhadap perempuan dan hukuman fisik dianggap sebagai hal yang benar sementara perempuan masih meneri¬ma hal tersebut sebagai hal biasa masih berkembang di masyarakat. Padahal hal tersebut merupakan se¬buah bentuk diskriminasi terhadap perempuan.
Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam upaya perlindungan perempuan dari ke¬kerasan salah satunya dengan mengadakan sos¬ialisasi mengenai penanganan kasus KDRT, yang dilakukan oleh Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).
Menurut Ketua P2TP2A kabupaten OKU Timmur Hj. Febrita Lustia HD diadakannya sosialisasi ini akan menambah ilmu bagi pengurus organ¬isasi wanita dan P2TP2A agar lebih cerdas apabila suatu saat menghadapi kasus-kasus yang terjadi di masyarakat yang mengalami KDRT la juga mengatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat rasa aman dan bebas dari segala bentuk kekerasan sesuai dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945.
Sementara itu Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) OKU Tlmur Hj.Rusmiati Kholid Mawardi mengatakan tujuan dilakukan¬nya kegiatan ini untuk memberikan bekal pengetahuan untuk pengurus organisasi wanita dan P2TP2A kecamatan, bagaimana mereka bisa menjadi pendamping bagi para korban KDRT diwilayah masing-masing sehingga setiap warga masyarakat mendapat rasa aman dan nyaman dari segala macam bentuk kekerasan.
Dari pihak pemer¬intah Kepala Bagian Pemberdayaan Perem¬puan Sekda OKU Timur sekaligus Wakil Ketua GOW OKU Timur Dra. Hj. Yuniati MM berharap diadakannya kegiatan ini bisa mencegah terjadinya tindak KDRT untuk ta¬hun depan penanganan¬nya tidak hanya sebatas kecamatan namun sam¬pai ke tingkat pedesaan, sehingga bisa meminimalisir terjadinya tindak KDRT di Kabupaten OKU Timur.
Acara sosialisasi ini diikuti oleh pengu¬rus organisasi wanita yang ada di Kabupaten OKU Timur dan jugs Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan selaku koordinator pengurus P2TP2A kecamatan. Sementara narasumber dalam sosialisasi KDRT dari Family Consultant (FC) dan Kepala bagian Pemberdayaan Perem¬puan Setda OKU Timur.(OKES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.