Herman Deru Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-70

Ada Tentara Belanda di Peringatan HUT RI ke-70 di OKU Timur

Ada Tentara Belanda di Peringatan HUT RI ke-70 di OKU Timur
Drama kolosal yang digelar sebelum pelaksanaan upacara peringatan HUT RI Ke-70 yang digelar di halaman Pemkab OKU Timur.FOTO:SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA

TRANSFORMASINEWS, MARTAPURA – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-70 di Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan (Sumsel) Indonesia berlangsung dimeriahkan dengan drama kolosal yang digelar sebelum upacara dimulai.

Upacara kemerdekaan RI dijadwalkan digelar pukul 10.00 setelah pelaksanaan drama kolosal.
Drama kolosal yang digelar pukul 09.00 menghadirkan bagaimana perjuangan para pejuang yang telah berusaha merebut dan mempertahankan kemardekaan RI dari penjajahahan.

Dalam drama kolosal tersebut juga digambarkan bagaimana penduduk dipaksa bekerja secara paksa untuk bertani dengan pengawasan tentara belanda. “Cepat kerja. Jangan bermalas-malasan hari sudah siang. Jangan sampai semuanya tidak sempurna,” ungkap salah seorang tentara belanda dengan senjata diarahkan kepada para petani.

Herman Deru Jadi Inspektur Upacara HUT RI di OKU Timur

Herman Deru Jadi Inspektur Upacara HUT RI di OKU Timur
Inspektur Upacara peringatan HUT RI ke-70 H Herman Deru SH MM saat menyerahkan bendera merah putih kepada petugas pengibar bendera, Senin (17/8/2015).FOTO:SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA

Peringatan HUT RI ke-70 di Kabupaten OKU Timur digelar Senin (17/8/2015) pukul 10.00. Sebelum upacara dimulai terlebih dahuku dilaksanakan pertunjukan drama kolosal bagaimana perjuangan masyarakat dalam menumpas penjajahan belanda di OKU Timur.

Bupati OKU Timur H Herman Deru SH MM bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan HUT RI ke-70 tersebut.

Sejumlah pejabat dilingkungan pemkab OKU Timur dan unsur Muspida terlihat khidmat memperingati HUT RI tersebut. Suasana hening saat bendera merah putih mulai dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera.

Suara Sirine Terdengar saat Detik-Detik Proklamasi

Suara Sirine Terdengar saat Detik-Detik Proklamasi
Pengibaran bendera Merah Putih saat peringatan HUT RI ke-70 di Kabupaten OKU Timur. Foto:SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Menjelang detik-detik proklamasi peringatan HUT RI ke-70 di Kabupaten OKU Timur terdengar suara sirine dari seluruh kendaraan yang mengikuti Upacara dengan inspektur Upacara H Herman Deru SH MM.

Setelah suara sirine berhenti inspektur upacara membacakan proklamator RI yang sebelumnya didahului oleh suara terompet.
Usai membacakan detik-detik proklamasi, dibacakan juga teks Undang-undang dasar yang dibacakan oleh Ketua DPRD OKU Timur. Namun karena ketua DPRD Beni Defitson tidak hadir dalam upacara HUT RI tersebut, maka pembacaan UUD diwakilkan oleh ketua BK DPRD Junaidi Majid.

Usai Upacara, Deru Ziarah ke Makam Pahlawan

peringatan HUT RI ke-70 di halaman pemkab OKU Timur.
Usai melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke-70, bupati OKU Timur H Herman Deru SH MM bersama unsur muspida kemudian menuju makan pahlawan Jurai Komering Sakti Senin (17/8/2015) sekitar pukul 10.55.

Ziarah kubur tersebut selain dihadiri oleh sejumlah pejabat, hadir juga seluruh unsur muspida seperti anggota TNI, POLRI serta veteran perang. Usai melaksanakan ziarah, Herman Deru diagendakan melaksanakan ramah tamah dengan veteran perang dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah tahanan cabang Martapura untuk pemberian remisi terhadap warga binaan rutan Martapura.

Laporan:EVAN HENDRA

Sumber:SRIPOKU

Posted by: Amrizal Aroni

Leave a Reply

Your email address will not be published.