ALOKASI ANGGARAN UNTUK JALAN RUSAK OKU TAHUN INI RP.15 MILIAR

Kerusakan jalan penghubung Baturaja-Palembang di Desa Banuayu, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, semakin parah akibat longsor, Rabu (1/3/2017). Dok Foto: Sumselupdate.com
TRANSFORMASINEWS.COM, BATURAJA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) tahun ini bakal menggelontorkan dana sekitar Rp.15 miliar untuk perbaikan jalan. Perbaikan akan dilakukan hampir di seluruh kecamatan di jalan-jalan kabupaten.

“Saat ini sudah proses tender. Sebelum lebaran, pembangunan sudah mulai berjalan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) OKU, Ir Helman, Minggu (19/3).

Pembangunan jalan lanjutnya diantaranya di kawasan Kota Baturaja. Kemudian di kawasan Simpang Merbau, simpang trans Batumarta. Desa Mandala. Kemudian Unit 4 dan 8 Peninjauan. Jalan Lekis, Simpang Tanjung Lengkayap dan lainnya.

“Tapi jalan kabupaten untuk arus mudik tidak terlalu padat. Biasanya jalan provinsi atau jalan nasional yang padat dilintasi pemudik. Namun, tetap kami lakukan perbaikan,” imbuhnya.

Untuk jalan provinsi dan nasional, Dinas PUPR OKU hanya sebatas koordinasi melalui surat yang ditandatangani Bupati dan membackup. Memberikan laporan beberapa jalan yang rusak dan perlu perbaikan.

Dari data Dinas PUPR OKU ada beberapa jalan provinsi dan nasional yang mengalami rusak. Seperti jalan longsor di Banu Ayu. Kemudian, jalan lintas Baturaja-Prabumulih. Beberapa titik jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Menurut Helman, jalan yang rusak sudah mulai perbaikan. Seperti di Jalinsum sudah mulai diperbaiki meski volumenya belum terlalu besar. Kemudian longsor di Banu Ayu sudah mulai disurvei dan akan segera dilakukan perbaikan.

“Jalur lintas Baturaja-Prabumulih sudah mulai tebas layang kiri  dan kanan. Tinggal perbaikan lubang. Longsor di Banuayu sudah mulai proses tender,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan OKU, Aminelson mengatakan ada beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan.

“Kami sifatnya hanya koordinasi soal jalan rusak. Kemungkinan kami hanya bisa membuatkan rambu atau spanduk adanya jalan rusak,” pungkasnya.

Sumber: Rmolsumsel/MUHAMMAD WIWIN [sri]

Posted by: Admin Transformasinews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.