TKN Tunjuk Dua Figur Penting Ujung Tombak Kemenangan Prabowo-Gibran di Jabar dan Banten

TRANSFORMASINEWS.COM – Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran menunjuk tokoh-tokoh kunci untuk pemenangan calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju itu. Tokoh-tokoh itu ditunjuk menjadi ketua tim kampanye daerah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Untuk wilayah Jawa Barat, TKN Prabowo-Gibran menunjuk Ridwan Kamil sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah. Sekretaris TKN, Nusron Wahid mengatakan Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jawa barat, mantan Wali Kota Bandung dua periode, dan tokoh nasional yang memiliki pengaruh dan prestasi luar biasa.

“Bisa diterima di semua lapisan,” kata Nusron di Jakarta pada Jumat, 17 November 2023.

Figur dan kepemimpinan Ketua TKD Jawa Barat, menurut Nusron, harus orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas besar. “Karena itu dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan Ketua TKD Jawa Barat adalah Muhammad Ridwan Kamil ST, M.Hum,” ucap Nusron.

Jawa Barat, kata Nusron merupakan daerah paling krusial dalam Pilpres 2024, karena memiliki jumlah pemilih paling besar di Indonesia. “Dengan ditetapkannya Ridwan Kamil, kami sangat yakin Jawa Barat akan menjadi lumbung kemenangan Prabowo-Gibran,” ucapnya.

Kendati begitu, Nusron optimistis Prabowo-Gibran mampu menang telak di Jawa Barat. Selain karena Ridwan Kamil, Jawa Barat merupakan lumbung suara Prabowo dalam Pilpres 2014 dan 2019. “Pak Prabowo selalu menang pertempuran di Jawa Barat melawan Pak Jokowi,” kata politikus Partai Golkar itu.

Banten Diserahkan ke Airin

TKN Prabowo-Gibran juga menunjuk tokoh penting di Provinsi Banten untuk menjadi ketua tim pemenangan daerahnya. Tokoh itu adalah mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Airin adalah wali kota Tangsel selama dua periode yaitu pada 2011–2016 dan 2016–2021.

Nusron Wahid, mengatakan pihaknya menunjuk Airin antara lain untuk mengakomodasi pemilih perempuan. “Yang menjadi ketua TKD di Banten adalah Ibu Airin Rachmi Diany,” kata dia.

Ihwal penunjukan Airin, Nusron optimistis akan mendatangkan lebih banyak pemilih perempuan. “Apalagi beliau adalah figur dan sosok wanita pasti akan menyedot pemilih pemilih wanita yang ada di Provinsi Banten,” kata Nusron.

Nusron mengatakan Banten merupakan provinsi yang penting bagi pemenangan Prabowo-Gibran, karena memiliki jumlah pemilih yang sangat banyak. “Provinsi Banten provinsi paling baru di Pulau Jawa dengan jumlah pemilih yang juga sangat padat, yaitu sekitar 7 juta pemilih, dan daerah yang sangat majemuk,” ucapnya.

Airin, kata Nusron, merupakan sosok dengan kapasitas dan kapabilitas mumpuni. “Ibu Airin sebagai icon Provinsi Banten, kita sama-sama tahu beliau pernah menjadi Wali Kota di Tangerang Selatan selama dua priodre dan menpunyai prestasi yang sangat moncer,” ujarnya.

Adapun untuk wilayah di luar Jawa, TKN Prabowo-Gibran menunjuk Mawardi Yahya sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah di Sumatera Selatan.

Mawardi Yahya merupakan Bupati Ogan Ilir periode 2005–2010 dan 2010–2015 sekaligus Mantan Wakil Gubernur Seumatra Selatan periode 2018–2023.

TKN Prabowo-Gibran, kata Nusron, optimistis Mawardi Yahya akan membawa kemenangan yang signifikan di Sumatera Selatan. “Aura kemenangan Prabowo-Gibran di Sumatra Selatan pasti akan tampak dan jadi menang tebal di sana,” ujarnya.

Dalam pengumuman TKD Prabowo-Gibran di beberapa daerah itu, Nusron tak menyebut soal tim kampanye daerah di Jawa Timur.

Seperti diketahui, Jawa Timur juga merupakan lumbung suara yang diperebutkan oleh para calon presiden.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan dua tokoh di Jawa Timur akan membantu pemenangan Prabowo-Gibran di sana. Kedua tokoh itu adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan eks Gubernur Jatim Soekarwo atau dikenal dengan nama Pakde Karwo.

Sumber: Disadur dari Tempo.co

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →