Temuan Komnas HAM, Tak Ada Pemukulan Suporter Arema, Justru Ingin Kasih Semangat ke Pemain

TRANSFORMASINEWS.COM-Komisioner Komnas HAM Bidang Pemantauan/Penyelidikan Choirul Anam, melaporkan temuan awal dalam kasus Tragedi Kanjuruhan pada, Rabu (5/10/2022).

“Kalau ada yang bilang eskalasi penanganan itu, timbul karena suporter merangsek masuk ke dalam lapangan, sampai sore (5/10) ini, kami mendapat informasi bahwa tidak begitu kejadiannya,” kata Anam, diberitakan oleh Kompas.com.

Anam yang turun langsung menemui suporter dan pemain Arema FC, mengatakan tak ada kekerasan suporter terhadap skuad Singo Edan.

“Kalau ada yang bilang mereka mau menyerang pemain, kami sudah ketemu dengan para pemain (Arema FC-red), dan para pemain ini bilang, tidak ada kekerasan terhadap mereka,” tegas Anam.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan tidak adanya pemain yang terluka saat kerusuhan berlangsung.

Dalam kesempatan yang sama, Anam menyampakan bahwa skuad Arema FC tak mendapat ancaman dan caci maki dari suporternya. Justru, mereka mengaku diberi semangat.

“Ini pemain yang ngomong begitu ke kami,” kata Anam.

Komisioner Komnas HAM tersebut lantas mempertanyakan alasan aparat keamanan, hingga berani menembakkan gas air mata.

“Pertanyaannya sekarang, kalau dalam 15 sampai 20 menit itu situasinya masih kondusif, apakah diperlukan gas air mata yang membuat semua penonton panik? Harusnya kalau tata kelola keamanan baik, tidak akan terjadi peristiwa memilukan seperti ini,” kata Anam.

Sumber: Kompas.com

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →