Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Komisi X Tinjau Stadion Gelora Sriwijaya

TRANSFORMASINEWS.COM- Komisi X DPR RI memuji kesiapan Sumatera Selatan dalam menyambut digelarnya Piala Dunia U20 Tahun 2023 di Kota Palembang. Disela-sela meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Jumat (11/11) pagi. Ketua Tim Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, mengungkapkan tujuannya ke Palembang guna memastikan kesiapan menjelang digelarnya Piala Dunia U20.

“Kita memastikan secara langsung kesiapan yang ada di Jakabaring Sport City ini khususnya stadion GSJ ini, yang nantinya akan menjadi rujukan kepada mitra-mitra terkait dan pemerintah pusat,” kata Ferdiansyah.

Menurut Ferdiansyah, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang telah siap untuk menyambut Piala Dunia U20.

“Secara umum kesiapannya sudah cukup matang,” tuturnya.

Selaku ketua Tim Komisi X DPR RI yang membidangi bidang olahraga, dan Parawisata, Ferdiansyah mengharapkan agar pelaksanaan Piala Dunia U20 di Palembang dapat berjalan dengan sukses baik dalam penyelenggaraan, mupun secara ekonomi.

“Kita dari komisi X tentu mendukung penuh pelaksanaan piala dunia U20 di Kota Palembang dan dampaknya harus dirasakan oleh masyarakat ,” ungkapnya.

Sementara itu, Wagub Sumsel Ir H Mawardi Yahya mengungkapkan kesiapan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring terus dimatangkan melalui sejumlah renovasi yang dilakukan. Sebab menurut dia ditunjuknya GSJ sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2023 tentu harus didukung dengan segala kesiapan fasilitas yang memadai.

“Sebagai tuan rumah pemerintah daerah telah merenovasi berbagai infrastruktur yang ada GSJ ini semua dilakukan demi kenyamanan, kelancaran event olahraga sepak bola tingkat internasional tersebut,” ungkap Wagub.

Mawardi menyebutkan sebelumnya Sumsel telah sering dipercaya sebagai tuan rumah olahraga tingkat Nasional maupun Internasional seperti Sea Games 2011, Asian Games 2018, dan yang terbaru FORNAS 2021.

“Ini bukan pertama kalinya Sumsel khususnya Palembang menjadi tuan rumah event olahraga berskala internasional. Belum lama ini kita juga berhasil menggelar Fornas dan berhasil menjadi juara umum dengan peserta terbanyak,” katanya.

Wagub berharap, pelaksanaan Piala Dunia U20 di Palembang nantinya dapat memberikan dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat Sumsel. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan pemerintah pusat memberikan dukungan penuh terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Palembang.

“Kami selaku tuan rumah meminta dukungan penuh dari pemerintah pusat tentunya, agar kita sama-sama dapat membawa nama baik Indonesia ditingkat Internasional,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama Jakabaring Sport City (JSC), Meina Fatriani Paloh memaparkan beberapa perbaikan renovasi diberbagai titik diantaranya, Stadion Atletik, Lapangan Panah, Lapangan Baseball, dan Stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Dimana keempat tempat tersebut akan dijadikan sebagai lapangan latihan bagi tim tamu yang akan bertanding.

“Sesuai syarat dari tim FIFA, kita telah menyiapkan 4 lapangan yang akan dipakai untuk latihan para tim yang akan bertanding, dan faktor eksternal lainnya juga telah kita siapkan seperti Hospital City,” ujarnya.

Meina juga menyebutkan perbaikan infrastruktur di GSJ juga telah dilakukan sejak tahun 2020 dan terdapat 8 titik pengerjaan renovasi.

Pada kesempatan itu Wagub Mawardi Yahya didampingi Direktur JSC Meina Paloh mendampingi rombongan Tim Komisi X DPR RI meninjau sejumlah beberapa titik yang akan menjadi lokasi latihan pelaksanaan Piala Dunia U20.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Anggota Tim Komisi X DPR RI, Desy Ratna Sari, Himatul Aliyah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, H. R. M. Zaini, Asisten Pemerintagan dan Kesra Prov. Sumsel, Drs. H. Edward Chandra, dan Para Pengurus Asprov PSSI Sumsel.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →