Sukses Gelar Sriwijaya Dempo Run, Herman Deru Ajak Kota Pagaralam Persiapkan Diri ILRU Tahun 2023

TRANSFORMASINEWS.COM- Ribuan peserta dari berbagai daerah di tanah air ikut meramaikan event tahunan Sriwijaya Dempo Run Tahun 2022 yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Pagaralam, Minggu (18/12).

Dalam sambutannya saat melepas peserta Sriwijaya Dempo Run 2022 di garis start Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengapresiasi untuk para peserta yang telah antusias mengikuti kegiatan tersebut. Membludaknya jumlah peserta lanjut dia, tak terlepas dari masifnya promosi yang dilakukan pihak penyelenggara yang berhasil menjadikan event tahunan ini lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ahamdulillah antusias masyarakat sangat besar, informasi yang mereka terima dari panitia juga semakin luas sehingga membuat jumlah pesertanya mengalamk kenaikan signifikan,” ucap Herman Deru.

Menurut Herman Deru, event Sriwijaya Dempo Run digelar tidak lain bertujuan membangkitkan ekonomi dengan cara meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Pagar Alam. Mengingat saat pandemi baru lalu banyak yang terdampak tak terkecuali sektor wisata.

“Sriwijaya Dempo Run ini tidak hanya mengadakan seleksi bakat dan olahraga lari saja, tetapi kita berkeinginan roda ekonomi pasca pandemi Covid 19 kembali menggeliat,” tambahnya.

Herman Deru menilai sebagai salah satu kota wisata di Sumsel, Kota Pagaralam telah banyak melakukan perbaikan sarana prasarana untuk memikat pengunjung dan membuat kalangan wisatawan menjadi lebih nyaman.

“Sebagai destinasi unggulan di Sumsel Kota Pagaralam telah banyak berbenah termasuk fasilitasnya demi membuat para wisatawayaman dan ingin menetap lebih lama di Pagaralam,” ucapnya.

Sriwijaya Dempo Run diharapkan Herman Deru memberikan motivasi bagi masyarakat sekitar akan pentingnya berolahraga, yakni dengan olahraga lari badan sehat tanpa biaya.

“Mudah-mudahan olahraga ini akan menjadi olahraga kegemaran, olahraga yang dapat membuat kita semua sehat karena lari adalah olahraga yang tanpa biaya,” paparnya.

Lebih jauh Herman Deru mengajak Pemerintah Kota Pagaralam tidak berpuas diri dengan suksesnya sebagai tuan rumah Sriwijaya Dempo Run Tahun 2022. Namun pada tahun 2023 mendatang Kota Pagar Alam akan kembali menjadi tuan rumah Indonesia Land Rover United (ILRU), untuk itu Kota Pagar diharapkannya kembali mempersiapkan diri demi suksesnya even nasional dimaksud.

“Kota Pagaralam pada bulan Juli mendatang ditunjuk sebagai tuan rumah ILRU. Persiapkan diri, mudah-mudahan ini akan menjadi cerita tersendiri bagi kita semua,” ungkapnya.

Kota Pagar Alam yang ditetapkan sebagai Kota Green City dari Pemerintah Pusat, lanjut Herman Deru menjadikan Pagaralam satu-satunya kota di Indonesia yang telah 100 persen menerapkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai sumber energi yang masuk dalam kategori Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Sebagai kota pertama yang menerapkan 100 persen EBT, kita semua harus menjaga Green City ini,” pungkasnya sembari memberikan bantuan 12 unit sepeda motor listrik kepada Pemkot Pagaralam sebagai bentuk dukungan menjaga Green City.

Sementara itu, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengungkapkan rasa bangganya karena Pagaralam telah dipilih menjadi kegiatan olahraga Sriwijaya Dempo Run Tahun 2022.
“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Gubernur telah memilih Pagaralam menjadi tuan rumah, dan menetapkan agenda ini menjadi kegiatan rutin tahunan,” ucap Alpian.

Dirinya menilai, melalui kegiatan Sriwijaya Dempo Run banyak manfaat yang didapat Kota Pagaralam salah dampak positifnya bagi sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar olahraga biasa, karena event ini UMKM di Pagaralam ramai dikungunjung pembeli, membuat ekonomi masyarakat meningkat ” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Peaksana Sriwijaya Dempo Run Tahun 2022, H. Alfrenzi Panggarbesi dalam laporannya menyebut peserta yang terlibat mencapai 3709 orang.

“Peserta tidak hanya hadir dari berbagai Sumsel saja namun peserta kali ini hadir juga dari berbagai provinsi,” kata Alfrenzi.

Alfrenzi menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya, Sriwijaya Dempo Run 2022 memiliki tiga kategori yang dipertandingkan yakni 10K tingkat profesional, lari 5K tingkat Pelajar dan Fun Run 2,5 K dengan peserta masyarakat umum.

“Hadiah yang disiapkan 30 sepeda yang diberikan oleh ketua KORMI Prov Sumsel, uang tunai, dan Doorprize 1 unit Mobil dari Gubernur Sumsel, dan masih banyak lagi hadiah-hadiah lainnya,” ucap Ojik.

Di samping itu juga, Alfrenzi mengungkapkan kegiatan Dempo Run telah memberikan kontribusi yang positif bagi Kota Pagar Alam. Sepekan menjelang Dempo Run berbagai Hotel, Homestay, Restoran, hingga kedai makan yang ada di Pagaralam ramai dengan para pengunjung wisatawan dan para peserta Dempo Run.

“Event ini telah memberikan kontribusi positif bagi kota pagar alam, hotel, home stay dan resto dipenuhi oleh para pengunjung, melalui dempo run ini juga para wisatawan dari luar Sumsel merasa tertarik berkunjung ke Kota Pagaralam,” paparnya.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua KORMI Sumsel, Hj. Samantha Tivani HD, Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenny Sandiyah, Ketua Tp. PKK Pagaralan, Rahma Haeni.

Adapun para pemenang Dempo Run Tahun 2022 untuk kategori 10K Putra.

1. Asep Syapudin, Nomor Peserta 0089

2. Jauhari Johan, Nomor Peserta 0001

3. Panji, Nomor Peserta 0019

Kategori 10K Putri,

1. Setra Melati, Nomor Peserta 0009

2. Rahma, Nomor Peserta 015

3. Nurul, Nomor Peserta 0017

Kategori 5K Putra,

1. Danu Prayogo, Nomor Peserta 0272

2. M. Ilham, Nomor Peserta 0006

3. Arjun, Nomor Peserta, 0056

Kategori 5K Putri,

1. Isma Asriana, Nomor Peserta 0022

2. Dini, Nomor Peserta 0032

3. Gendis, Nomor Peserta 0247

Kategori 2,5K Putra,

1. Fikri Ramadhan, Nomor Peserta 0250

2. Anggi Rivaldi, Nomor Peserta 0132

3. Ahmad, Nomor Peserta 0355

Kategori 2,5K Putri,

1. Zalfa Dwi Muktiani, Nomor Peserta 0140

2. Indri Sapitri, Nomor Peserta 0141

3. Mutiara, Nomor Peserta 0300

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →