Setahun Menuju Pemilihan, KPU PALI dan Forkompinda Nobar Peluncuran Kirab Pemilihan Umum Oleh KPU Pusat

TRANSFORMASINEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) menggelar nonton bareng peluncuran Kirab Pemilihan Umum Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor KPU PALI, Selasa, 14 Februari 2023.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dalam sambutannya mengatakan, peluncuran kirab pemilihan umum salah satunya bertujuan mengenalkan partai politik ke masyarakat dan menaikan partisipasi masyarakat di pemilu 2024.

Menurutnya ada 38 satker provinsi dan 508 kabupaten/kota yang menyaksikan acara kirab Pemilihan Umum 2024.

Hasyim Asy’ari mengatakan, Peluncuran Kirab akan dilakukan di 7 titik dan akan berakhir di ibu kota Jakarta, yakni kantor KPU Pusat.

Ketujuh titik peluncuran kirab, yaitu KIP Aceh, KPU Kota Batam Provinsi Kepri, KPU Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, KPU Tanjung Selor Kalimantan Utara, KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara, KPU Kupang Provinsi NTT, dan KPU Jayapura Provinsi Papua.

Hasyim Asy’ari meminta masyarakat tidak sentimen berlama-lama dan tidak terbawa perasaan alias baper dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, konfigurasi kawan dan lawan partai politik atau parpol dapat berubah usai Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024.

“Pemilu merupakan arena konflik yang sah dan legal untuk meraih maupun mempertahankan kekuasaan,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Menurutnya, konfigurasi koalisi parpol dapat berubah. Utamanya, setelah Pilpres dan Pileg 2024 berlangsung, karena terkait rangka pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 27 November 2024.

“Yang semula berkompetisi meraih suara, dalam pilkada mencari kawan. Bisa jadi koalisinya sama atau berbeda dalam pencalonan presiden,” ucapnya.

Hasyim menegaskan berkawan dan berlawan dalam politik dapat terjadi silih berganti. Menjelang Pilkada 2024, masing-masing parpol akan mencari kawan koalisi.

Dalam acara peluncuran Kirab Pemilihan Umum tersebut, juga diisi sejumlah tarian khas dari beberapa daerah.

Usai nonton bareng peluncuran Kirab Pemilihan Umum 2024, Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario enggan memberikan komentarnya pada wartawan. Sehingga awak media tak mengetahui detaile siapa saja yang diundang serta kesiapan KPU Kabupaten PALI dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

“Ini kan acara KPU pusat. Kita hanya nonton saja,” kata Sunario.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →