Raih 123 Suara, Basril Basyar Terpilih Menjadi Ketua PWI Sumbar Periode 2022-2027

TRANSFORMASINEWS.COM-Basril Basyar terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2022-2027 setelah meraih suara terbanyak pada pemungutan suara pada Konferensi Provinsi (Konferprov) ke-XII PWI Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (23/7/2022).

Tokoh yang pernah menjabat ketua PWI Sumbar dua periode itu (2007-2015) berhasil mengalahkan perolehan suara incumbent Heranof Firdaus.

Dari 179 orang anggota PWI yang melakukan pemilihan, Basril Basyar yang akrab disapa BB ini berhasil mendulang 123 suara, sedang Heranof meraih 51 dan 5 suara dinyatakan hangus.

Sementara itu, Zul Effendi terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI dengan perolehan sura 104, mengalahkan tiga calon lainnya yakni Zulnadi (29 suara), Gusfen Khairul (32 suara) dan M. Khudri (3 suara) serta 9 suara dinyakan hangus.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansarullah saat membuka secara resmi Konferprov ke-XII PWI Sumbar mengajak PWI untuk terus mengembangkan sumber daya wartawan (SDW) di Sumbar. Menurutnya, dengan digelarnya Konferprov tersebut menjadi momen bagi PWI Sumbar untuk berbenah menuju yang lebih baik.

“Kenyataan yang kita rasakan saat ini terkait pemberitaan-pemberitaan positif tentang penyelenggaraan pemerintah daerah agak kurang dan kemudian kadang-kadang lebih banyak menonjolkan sisi negatifnya. Tapi bukan berarti kita antikritik, tidak, kita tidak alergi dengan kritik” kata Gubernur Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, saat ini materi-materi atau isu pemberitaan di media kurang utuh dalam pemberitaan, apalagi dalam melihat permasalahan-permasalahan yang terjadi. Bahkan katanya, kadang-kadang bisa agak menyudutkan.

“Kita tidak tahu apa permasalahannya, apakah kualitas SDM atau banyaknya media yang ada saat ini. Apalagi media Online” ujarnya.

“Kita berharap, dengan digelarnya Konferensi PWI Provinsi Sumbar ke-XII hari Ini menjadi momen bagi PWI untuk berbenah meningkatkan SDM” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mendorong masyarakat untuk ikut berpartisipasi terhadap percepatan pembanguan daerah ditengah situasi ekonomi yang melandai akibat pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan konferensi PWI hari ini bisa berjalan lancar. Semoga kepengurusan nantinya akan lebih mensolidkan PWI dimasa yang akam datang” pungkas Gubernur.

Dikutip: ketua PWI Bkt (Siagaonline.com)

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →