Putin Pahami Kekhwatiran Pemimpin China, Xi Jinping Soal Perang Rusia-Ukraina

TRANSFORMASINEWS.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengatakan dia memahami bahwa Xi Jinping memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang situasi di Ukraina tetapi memuji pemimpin China atas apa yang dia katakan sebagai ” posisi seimbang” pada konflik.

Perang Rusia di Ukraina telah menewaskan puluhan ribu orang dan mendorong ekonomi global ke perairan yang belum dipetakan dengan melonjaknya harga makanan dan energi di tengah konfrontasi terbesar antara Moskow dengan Barat sejak Perang Dingin.

Pada pertemuan tatap muka pertama mereka sejak perang, Xi menyebut Putin “teman lama” setelah Putin mengatakan upaya Amerika Serikat untuk menciptakan dunia unipolar akan gagal.

“Kami sangat menghargai posisi seimbang dari teman-teman China kami dalam hal krisis Ukraina,” kata Putin kepada Xi seperti dilaporkan Reuters.

“Kami memahami pertanyaan dan kekhawatiran Anda tentang hal ini. Dalam pertemuan hari ini, kami tentu saja akan menjelaskan posisi kami.”

Pernyataan pertama Putin tentang kekhawatiran China atas perang itu datang hanya beberapa hari setelah pasukannya dikalahkan di timur laut Ukraina.

China telah menahan diri untuk tidak mengutuk operasi Rusia terhadap Ukraina atau menyebutnya sebagai “invasi” sejalan dengan Kremlin, yang menyebut perang itu sebagai “operasi militer khusus”.

Terakhir kali Xi dan Putin bertemu langsung, hanya beberapa minggu sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, mereka mendeklarasikan kemitraan “tanpa batas” dan menandatangani janji untuk berkolaborasi lebih banyak melawan Barat.

Namun, Beijing terganggu oleh dampaknya terhadap ekonomi global dan telah berhati-hati untuk tidak memberikan dukungan material kepada Rusia yang dapat memicu sanksi Barat terhadap ekonomi China sendiri.

Sumber: Reuters

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan" by B431

View all posts by Admin Transformasinews →