Pihak Bank Sumsel Babel Segera Dihadirkan di Sidang Dugaan Korupsi Kredit yang Rugikan Negara Rp 13 Miliar

Ketua Tim JPU Kejati Sumsel, Adi Purnama. (foto-ferdinand/koransn)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejati Sumsel segera menghadirkan saksi dari pihak Bank Sumsel Babel (BSB) dalam persidangan.

Hal ini dilakukan untuk pembuktian dugaan penyalahgunaan wewenang pihak BSB hingga terjadi kerugian negara sebesar Rp. 13 miliar lebih dalam pengucuran kerdit modal usaha ke PT Gatramas Internusa.

Demikian dikatakan Ketua Tim Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejati Sumsel, Kamis (24/10/2019) usai persidangan terdakwa Ir Augustinus Judianto di Pengadilan Tipikor Palembang.

“Saksi dari pihak Bank Sumsel Babel ini kami hadirkan saat awal sidang agenda saksi digelar. Jadi untuk dugaan penyalahgunaan wewenang dari pihak bank tersebut, kita masih tunggu pembuktian di persidangan,” katanya.

Masih dikatakannya, sedangkan terkait eksepsi (nota keberatan atas dakwaan JPU) dari kuasa hukum terdakwa yang telah dibacakan dalam persidangan lebih dulu akan dipelajari oleh pihaknya, dan eksepsi tersebut juga akan dijawab dalam sidang yang digelar Kamis depan.

“Kuasa hukum terdakwa menilai jika dakwaan kami tidak jelas hingga tidak sesuai dengan Pasal 156 ayat (1) KUHAP dan Pasal 143 ayat (2) dan ayat (4) KUHAP. Nah, terkait hal tersebut nanti kami pelajari dulu dan semuanya akan kami jawab pada sidang berikutnya,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, meskipun demikian pihaknya selaku JPU menilai jika perbuatan terdakwa dalam perkara ini telah melakukan perbuatan melawan hukum sehingga menimbulkan kerugian negara.

“Pada dakwaan kami pada sidang sebelumnya sudah jelas peran dan perbuatan terdakwa dalam dugaan kasus ini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Tim JPU Kejati Sumsel, Adi Purnama mengatakan, jika dalam persidangan tersebut pihaknya akan menghadirkan sekitar 30 saksi.

Dikatakannya, dimana para saksi tersebut akan dihadirkan secara bergilir di setiap persidangan dengan agenda keterangan saksi-saksi.

“Jadi ada sekitar 30 saksi yang akan kami hadirkan dalam persidangan dugaan kasus korupsi kredit modal Bank Sumsel Babel, dengan terdakwa Augustinus Judianto tersebut,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, dari para saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan tersebut, diantaranya ada saksi dari pihak Bank Sumsel Babel selaku pihak pemberi kredit modal kepada PT Gatramas Internusa.

“Yang pastinya ada sejumlah saksi dari pihak Bank Sumsel Babel yang nantinya akan kami hadirkan di persidangan tersebut,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam persidangan saksi-saksi tersebut tentunya akan mengungkap fakta-fakta hukum terkait dugaan kasus tersebut.

“Fakta hukum merupakan pembuktian di persidangan yang nantinya akan terungkap dalam sidang. Jadi, kita tunggu saja keterangan saksi di persidangan,” tegasnya saat itu.

Sumber:KoranSN (ded)

Editor: A.Aroni

Posted by: Admin