Pelantikan Bupati Definitif, Langkah Awal Membangun PALI Lebih Maju

TRANSFORMASINEWS.COM, PALI

Kabar akan dilantiknya Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hasil Pilkada 2020 yang lalu, kian berhembus kencang di ruang publik di Bumi Serepat Serasan.

Publik PALI, nampaknya tak sabar menantikan gaya kepemimpinan yang merakyat yang acap kali dipertontonkan Bupati PALI terpilih, Ir H Heri Amalindo. Wajar, jika publik berasumsi jika tak ada faktor eksternal saat pilkada lalu, petahana diyakini menang mutlak di atas 70%.

Sejumlah isu berkembang jika Pelantikan Bupati PALI terpilih pada tanggal 10 Juni 2021. Hal itu merujuk telah dikeluarkannya SK pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati PALI terpilih oleh Kemendagri. Kabag Humas Pemrov Sumsel, Andi Suman, mengatakan jika pihaknya belum tau kapan jadwal pasti dilakukannya pelantikan.

“Belum tau pak. Nanti saya kabarin kalau sudah pasti,” kata Andi saat dikonfirmasi awak media, Selasa (08/06/21).

Pasca hasil PSU pada 21 April yang lalu, KPUD PALI sendiri telah melakukan rapat pleno penetapan paslon terpilih, yakni Paslon 02 (Ir H Heri Amalindo – Drs H Soemarjono) pada 28 April yang lalu. Bahkan, pihak DPRD PALI sendiri telah menggelar rapat paripurna pengumuman dan penetapan Paslon hasil Pilkada PALI pada 1 Mei 2021 yang lalu, yang kemudian diteruskan ke Gubernur Sumsel dan Kemendagri.

Ada dua alternatif pelantikan, secara virtual atau secara langsung

Terdapat dua opsi proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PALI terpilih, yakni secara langsung ataupun melalui virtual.

Berkaca pada pelantikan 6 kepala daerah lainnya di Sumsel yang lebih dulu dilantik oleh Gubernur Februari lalu, Herman Deru lebih memilih pelantikan secara langsung. Lantaran, menurut HD, peristiwa pelantikan adalah sesuatu yang sakral. Untuk itulah ia meminta izin dengan Kemendagri, namun dalam pelaksanaannya tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Andai, pelantikan dilakukan secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19, untuk tidak melanggar pasal 164 UU 10/2016 yang mengatur bahwa, Bupati dan Wali Kota dilantik di Ibu Kota Provinsi, maka gubernur yang melantik akan tetap berada di Ibu Kota Provinsi, sementara Bupati dan Wali Kota di daerah masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PALI terpilih adalah start membangun PALI lebih maju

Di usia ke-8 tahun, daerah yang berpenduduk lebih kurang 160 jiwa ini telah banyak mengukir sejumlah prestasi utamanya di bidang pelayanan dasar masyarakat, mulai dari Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan hingga pembangunan sumber daya manusia itu sendiri. Hal itu bukanlah suatu kabar yang berlebihan maupun hoax belaka, melainkan hasil dari data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dirjen Otonomi Kemendagri itu sendiri.

Tak heran, jika saat ini sejumlah fasilitas infrastruktur mapun kantor Pemerintahan kini telah banyak yang berdiri maupun tengah tahap finishing pembangunannya, mulai dari Gedung Mapolres PALI, RSUD PALI, Gedung para wakil rakyat, hingga akses jalan lingkar Kota Pendopo.

Informasi yang didapat, Bupati dan Wakil Bupati PALI terpilih, Ir H Heri Amalindo dan Drs H Soemarjono telah membidik sejumlah master plan pembangunan PALI kedepan. Hal ini selaras dari wacana Kabupaten PALI akan menjadi kawasan segitiga emas yang nantinya akan terhubung dengan sejumlah kabupaten/kota di Sumsel (Muratara, Musi Rawas dan Muba).

Di antaranya pembangunan RSUD PALI yang akan diproyeksikan menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Sumatera Selatan. Penghidupan lapangan terbang stanvac, pembangunan kawasan pelabuhan di Desa Prambatan, Kecamatan Abab.

“Bayangkan jika nanti akses jalan sudah terhubung, pelabuhan sudah berdiri sudah pasti investor dan industri akan banyak masuk. Begitu juga RSUD PALI, dengan fasilitas lengkap otomatis warga kabupaten tetangga akan banyak berobat ke kita karena akses yang dekat serta fasilitas yang juga lengkap,” kata Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo.

“Tentu ini tidak semudah membolak-balik sebuah telapak tangan. Butuh kerjasama dan kerja keras kita semua untuk mewujudkannya. Salah satunya dalam melobi dana ke pusat,” paparnya baru-baru ini.

About B S W

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan" by B431

View all posts by B S W →