OKU Timur Terpilih 1 dari 66 Daerah di Indonesia Panen Raya Padi Serentak Bersama Presiden Jokowi

TRANSFORMASINEWS.COM-   Bupati OKU Timur, Ir H Lanosin atau Enos melakukan panen raya padi di Desa Raman Agung Kecamatan Buay Madang Timur, Kamis, 9 Maret 2023. Panen padi tersebut serentak dilaksanakan di 66 daerah di Indonesia bersama Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Enos mengatakan, jika pertanian di OKU Timur merupakan salah satu sumber PDRB bagi masyarakat. Menurutnya, kenaikan ekonomi akan sia-sia jika tidak melibatkan orang banyak.

“OKU Timur tidak demikian, hal ini dibuktikan dengan lahan pertanian yang seluruhnya dimiliki oleh masyarakat,” kata Enos.

Beberapa langkah untuk membantu pertanian di OKU Timur terus diupayakan.

“Seperti meminta bantuan peralatan pertanian traktor kepada Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertania,” ungkapnya.

OKU Timur menargetkan 1 juta ton GKP, untuk itu ia mengharapkan kepada seluruh instrumen pemerintahan yang ada tentang ketahanan pangannya untuk meningkatkan hasil panen.

“Program GSMP dan Merdeka Pangan di Hatinya Perempuan agar bisa diterapkan, selain untuk menekan inflansi saya harap ini juga dapat membantu dan mengurangi pengangguran,” ucap Enos.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi, S.P., M.M., mengatakan, giat panen padi
dilaksanakan serentak di 66 titik kabupaten/kota di Indonesia.

“Panen Padi di Desa Raman Agung seluas 25 Ha yang akan dipanen dari total luas 137 Ha. Luas panen di OKU Timur Bulan Januari Tahun 2023 seluas 2.512 ha dengan produksi 19.718 Ton/GKP. Luas panen di OKU Timur Bulan Februari Tahun 2023 seluas 6.686 ha dengan produksi 51.049 Ton/GKP,” paparnya.

Prediksi Luas panen di OKU Timur Bulan Maret Tahun 2023 seluas 17.791 ha dengan produksi 135.839 Ton/GKP. Adapun Rencana target produksi 865.960 ton GKG atau setara dengan 1.018.000 ton GKP.

Kepala Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian Husnanin, S.P., MP., M.Sc., PHD., mengapresiasi Kabupaten OKU Timur atas terselenggaranya kegiatan panen padi ini.

“OKU Timur terpilih menjadi 1 dari 66 Kabupaten/Kota se Indonesia yang melaksanakan panen raya dengan Presiden RI yang berada di Kebumen,” katanya.

Pihaknya sedang mengusulkan metode satelit yang sudah dibuatkan sistem informasi bernama Siskop. “Dimana dari satelit dapat memantau, satelitnya beresolusi 10 M, kita bisa mendapatkan informasi, bisa 2 minggu sekali realtime,” tandasnya.

Turut hadir dalam panen raya tersebut, Ketua Perhiptani Sumsel Listoyo, S.P., S.E., M.Si. Kepala BPS OKU Timur Ir. Budiriyanti, M.A.P., Kepala Dinas Pertanian Junadi, S.P., M.M. Direktur Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Perwakilan Perum Bulog Wilayah OKU, Penyuluh Pertanian, dan tamu undangan lainnya.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →