MEBA, Pulau Baru di Sumsel Segera Didaftarkan ke Mendagri

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA), Darul Efendi, menunjukkan peta Pulau MEBA. (ist)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG. Provinsi Sumatra Selatan kini memiliki satu tambahan pulau terbaru, yang dinamai Pulau MEBA (Muaraenim dan Banyuasin). Pulau yang dihuni oleh lima desa dari dua kabupaten tersebut segera didaftarkan secara nasional ke Kemendagri untuk masuk ke dalam nama-nama rupa bumi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan dan Otonomi Daerah (OTDA), Darul Efendi mengatakan, Pemprov Sumsel sudah mempertemukan dua kabupaten tersebut untuk menyepakati nama pulau itu menjadi MEBA.

“Akhirnya dari kesepakatan dua kabupaten ini pulau ini dinamakan pulau MEBA. Sebelumnya pulau itu belum mempunyai nama sekali maka dari itu  kita pertemukan untuk memberikan nama,” kata Darul.

Setelah ini, lanjut Darul, pulau yang juga dikelilingi aliran Sungai Musi dan Sungai Meriak itu akan langsung didaftarkan untuk masuk ke dalam nama-nama rupa bumi.

“Kita akan register pulau MEBA ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) untuk masuk dalam nama-nama rupa bumi. Dari Kabupaten melalui Provinsi kita daftarkan secara nasional,” tutur Darul seraya menyebut kalau penambahan pulau ini tidak akan mengubah peta Sumsel.

Sebagaimana dikabarkan, masyarakat di lima desa yang bermukim di sana belum mengetahui bahwa ada pulau yang masyarakat dua kabupaten tersebut tempati. Bahkan saat membuat administrasi, masyarakat akan mengurus di masing-masing kabupaten.

“Contohnya masyarakat itu berada di Banyuasin, mereka akan mengurus administrasi di wilayah Banyuasin dan mereka yang bermukim di pualu ini lima desa selama ini tidak tahu ada pulau yang tak bernama, mereka hanya tahu desanya saja seperti Desa Simuntul,” ungkap Darul.

Darul menambahkan, perekonomian masyarakat di pulau MEBA didominasi  pertanian dan perairan.

“Masyarakat di sana banyak masih melakukan bajak sawah apalagi kalau sedang air pasang masyarakat berbondong-bondong mencari ikan,” tandasnya.

Sumber: Fornews.co 

Posted by: Admin Transformasinews.com