Lestarikan Kearifan Lokal, Pemprov-Pemkot Palembang Kembali Gelar Parade Kapal Hias di Sungai Musi

TRANSFORMASINEWS.COM-Sempat tehenti akibat Pandemi Covid-19, l lomba Parade Perahu Hias yang menonjolkan ciri khas Kota Palembang kembali digelar di sungai musi tepatnya di pelabuhan Benteng Kuto Besak(BKB) Palembang yang dibuka langsung oleh Sekda Sumsel, Ir SA Supriono Sabtu (20/8).

Antusias masyarakat untuk menyaksikan 36 parade perahu hias ini begitu terasa di tengah kegembiraan warga dalam memeriahkan HUT RI ke-77. Apalagi perahu yang ditampilkan lengkap dengan corak atribut nuansa merah putih yang disponsori Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang serta BUMD/BUMN di Sumsel tersrbut.

Gubernur H Herman Deru melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, digelarnya parade kapala hias bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kepada adat dan budaya serta melestarikan kearifan lokal.

“Parade kapal hias juga upaya kita untuk menumbuhkan kembali ekonomi akibat pandemi covid-19 dan meningaktkan tujuan wisatawan di Sumsel khususnya Kota Palembang,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, parade kapal hias ini bisa terlaksana tidak lepas dari dukungan dari Gubernur Sumsel Herman Deru dan atas dukungan serta antusias masyarakat yang begitu tinggi berharap agar event ini digelar dalam setiap tahunnya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan keinginan masyarakat serta intruksi Pak Gubernur Sumsel acara ini dapat diselenggarakan,” terangnya.

Dia menyebut parade perahu hias kali ini melibatkan kalangan peserta dari OPD Sumsel dan Kabupaten /Kota, utusan BUMN/BUMD serta beberapa komunitas lainnya.

“Para pemenang nantinya akan mendapatkan sertifikat, trofi dan uang tunai,” tambahnya.

Sementara itu Walikota Palembang H Harnojoyo diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel yang telah mendukung terselenggaranyan parade kapal hiasa tersebut.

“Terima kasih atas suport pak Gubernur serta dukungan dari sponsor sehingga kegiatan ini dapat terselenggara, jadi ini merupakan tradisi tahunan jangan sampai hilang,” terangnya.

Sulaiman Amin menambahkan, digelarnya parade perahu hias juga bertujuan untukn meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Palembang.

“Adanya parade ini untuk meningkatkan kembali pertumbuhan ekonomi yang sempat terkontraksi akibat covid-19,” tandasnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, SA Supriono, para FKPD kota Palembang, Para OPD Sumsel serta para peserta Parade Kapal Hias.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →