Kunjungi Lalan Muba, Herman Deru Respon Keluhan Warga Soal Infrastruktur, Listrik dan Signal Internet

TRANSFORMASINEWS.COM Komitmen Gubernur Sumsel H Herman Deru mewujudkan pembangunan yang merata hingga ke pelosok Sumsel terus dilakukan. Termasuk diantaranya kawasan perairan seperti halnya Desa Sri Gading Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Disela-sela kunjungan kerjanya ke kawasan itu dalam rangka menghadiri pengajian akbar sekaligus Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-97 pada Selasa (31/1) siang. Gubernur Herman Deru memberikan solusi atas apirasi masyarakat setempat yang masih mengalami kendala bidang infrastruktur jalan, penerangan kelistrikan dan masalah signal.

Herman Deru menilai kawasan perairan Kecamatan Lalan sejauh ini sudah banyak mengalami kemajuan meski daerah tersebut dulunya merupakan eks transmigrasi dengan mata pencaharian warganya petani dengan mengandalkan moda tranfortasi air.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi tentu selera warga sekitarpun akan berubah. Demikian juga halnya dengan pemenuhan akan infrastruktur jalan, penerangan listrik dan kebutuhan dasar lainnya.

Karena itu Herman Deru menjelaskan dirinya bersama dengan Pj Bupati Muba telah sepakat agar arus listrik di tujuh kecamatan dalam Kabupaten Muba akan dikembalikan ke jalur PLN.

“Jadi listrik dalam proses, bertahap di tujuh kecamatan di Muba. Jadi ini bertahap, saya minta dulu perusahaan yang melistrikan ini agar setara PLN, karena saya khawatir kalau listriknya padam mengganggu anak belajar serta aktivitas lainnya,” tegas Herman Deru.

Sedangkan untuk masalah infrastruktur jalan, Herman Deru mengingatkan agar Pemkab Muba menyampaikan usulan secara tertulis kepada Pemprov sehingga nantinya dapat dibantu melalui pos Bangubsus.

“Untuk tahap awal jalan ini akan diperbaiki minimal untuk sepeda motor dan anak sekolah, nanti diajukan saja usulannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu juga Herman Deru mengajak warga Desa Sri Gading mewujudkan kemandirian pangan melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dengan cara memanfaatkan perkarangan rumah untuk ditanami berbagai kebuuhan sehari-hari.

“Saya mengajak masyarakat untuk merubah pola pikir dari membeli menjadi penghasil, caranya sederhana hanya dengan cabe, bawang, tomat dan termasuk bumbu dapur lainnya,” tambahnya.

Sedangkan terkait dengan Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-97, Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada PCNU yang sudah mengundang dirinya untuk menghadiri Harlah NU kali ini sebagai sarana memupuk jalinan tali silaturahmi sekaligus melihat dari dekat kondisi daerah sekitar.

“PCNU luar biasa, terus menjadi sarana jalinan silaturahmi selain sebagai wadah syiar Islam. Saya belum tentu mengetahui persoalan didaerah ini jika tidak di undang oleh PCNU,” tandasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muba H Apriadi mengakui kehadiran Gubernur Herman Deru tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Muba khususnya Kecamatan Lalan.

“Di Kecamatan Lalan khususnya Desa Sri Gading masih terdapat permasalahan seperti listrik dan infrastruktur jalan. Untuk itu kami mohon dukungan dari Pak Gubernur sehingga memberikan manfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Ditempat yang sama KH Alsidiq Pelima selaku Ketua Panitia Pengajian Akbar dan Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-97 Kecamatan Lalan menyampaikan ucapan terimaksih atas kehadiran Gubernur Herman Deru.

“Kami berterima kasih kepada Pak Gubernur Herman Deru yang sudah hadir pada Harlah NU disini,” katanya.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →