KPK Dipimpin Plt, Tergantung Pada Presiden

kpkTRANSFORMASINEWS, JAKARTA – Pelaksana tugas (Plt) sementara dibutuhkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika pimpinan lembaga superbody yang digawangi Abraham Samad Cs ini satu persatu dijadikan tersangka oleh Badan Reserse dan Kriminal Polri. Penunjukan Plt itu sendiri ada ditangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi SP, menerangkan, penetapan tersangka para pimpinan pernah terjadi saat KPK Jilid II. Tiga pimpinan KPK bahkan saat itu menjadi tersangka dan ditahan. “Kalau kita belajar dari kasus terdahulu memang dulu pernah ada, ketika ada kekosongan karena tiga pimpinan KPK waktu itu Pak Antasari, Pak Chandra Hamzah, dan Pak Bibit Samad sebagai tersangka di Polri. Bahkan ketiganya ditahan waktu itu,” ucap Johan Budi SP saat dikonfirmasi, Jumat (6/2/2015).

Menrut Johan, Susilo Bambang Yudhoyono selaku presiden RI saat itu mengambil kebijakan membentuk tim delapan dan mengangkat PLT. “Presidennya waktu itu Pak SBY membentuk tim delapan yang kemudian diangkatlah PLT sementara untuk menjalankan roda kepemimpinan di KPK,” ucap Johan.

KPK, kata Johan, belum mengetahui apakah akan ada Plt baru atau pimpinan baru jika kejadian serupa kembali berulang saat ini. Pasalnya, langkah strategis penentuan pelaksana tugas atau pimpinan baru untuk memimpin KPK berada di tangan Presiden Joko Widodo. Keputusan itu ada ditangan Presiden Joko Widodo. “Apakah cara-cara itu dilaksanakan kalau pimpinan KPK semuanya menjadi tersangka ataukah tidak, semua terserah kepada Bapak Presiden Joko Widodo. Karena Presiden itu adalah kepala pemerintahan dan juga kepala negara yang membawahi semuanya,” ungkap Johan.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Zulkarnain enggan berspekulasi mengenai kinerja KPK jika semua pimpinan KPK ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri. Zulkarnain meminta Bareskrim melihat bukti-bukti yang dimiliki secara benar dan adil. “Nggak usah ngomong begitu lah (penetapan tersangka pimpinan KPK). Dilihat bukti secara benar dan adil,” tutur Zulkarnain saat dikonfirmasi terpisah.

Sumber:Centroone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.