Ketua LSM MAKI OKU Subianto Minta Pihak PT Menanga Ogan Kembalikan Tanah Milik Warga

TRANSFORMASINEWS.COM-Ketua LSM Masyarakat Antikorupsi Indonesia Madani (MAKI) Ogan Komering Ulu (OKU), Subianto meminta PT Menanga Ogan untuk mengembalikan tanah milik salah satu warga, yakni Ibu Mardalena.

Hal itu diutarakan Subianto di Markasnya yang beralamatkan di Perumahan Guru Desa Air Phau Kecamatan Baturaja timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (08/12/2022 ).

“Saya akan memperjuangkan semampu dan sekuat tenaga saya untuk membela hak-hak masyarakat yang dikuasai oleh dugaan Mafia tanah contohnya Mardalena ( 54) tahun istri dari bapak Samsiar yang selama 40 th ini tanahnya dikuasai PT Menanga Ogan.” Ujarnya seperti dilansir dari Sigap86.

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan pertama, pihaknya akan memagar lahan dan memasang baliho yang isinya dilarang memasuki atau melakukan aktivitas apapun di dalam tanah ini tanpa seizin pemilik tanah ibu Mardalena selaku pemilik lahan seluas 12,66 hektar, sesuai pasal 551 KUHP.

“Sebelum dilakukan pemagaran sesuai dengan hukum di Indonesia akan membuat surat pemberitahuan ke Polsek lubuk Batang, ke Kepala Desa Kurup, dan Camat Lubuk Batang, melanjutkan tembusan-tembusan ke Bupati OKU, DPRD OKU, Polres OKU dan KODIM 0403 OKU.”ujar Subianto.

Diwaktu yang sama pihak sekeluarga besar dari bapak Samsiar akan membatu sepenuhnya sampai titik darah penghabisan untuk mengambil kembali tanah milik keluarganya yang ditanami kelapa sawit oleh PT Menanga Ogan. “Selama 40 tahun tidak pernah sedikitpun memberikan hasil dari lahan keluarga saya.” kata Samsiar.

Indra anak dari ibu Mardalena mengatakan. “Kalau bisa kita langsung ketemu dengan ibu Mona selaku Direktur utama PT Menanga Ogan untuk mediasi masalah lahan saya, belum ada titik terang atau jalan keluarnya,” ujar Indra.

“Jika belum ada kesepakatan dari pihak PT menanga Ogan, pihaknya akan melakukan jalan demonstrasi secara besar-besaran dari Desa Kurup sampai ke DPRD OKU sampai tuntas,” ujar Subianto menambahkan. (Tim)

Sumber: Sigap86

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →