Hidupkan Ekonomi, Berdayakan UMKM, Bupati Enos Resmikan Bazzar UMKM Zona Belitang Jaya

TRANSFORMASINEWS.COM-Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin senantiasa mendorong tumbuhnya kekuatan ekonomi di Bumi Sebiduk Sehaluan melalui pelaku UMKM. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya Bazzar UMKM dalam Rangka Memperingati Hari Jadi ke-19 Kabupaten OKU Timur Tahun 2023 Zona Belitung Jaya. Kamis, 02 Februari 2023.

Bertempat di Lapangan Bola Karsa Jaya Kecamatan Belitang Jaya, kehadiran Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. beserta Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dan Nur Inayah, S.Pd. disambut dengan pertunjukan seni beladiri dan kesenian sastra tutur berupa pisaan.

Meski diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk bersilaturahmi secara langsung dengan pemimpin muda yang baru saja meraih 3 penghargaan ini.

Bupati Enos mengatakan, bahwa setiap pembukaan Bazzar yang dipusatkan di 6 zona, di 5 Zona selalu diawali dengan hujan, ia meyakini dengan turunnya hujan, Kabupaten OKU Timur akan dimakmurkan oleh Allah Subhannahu Wa Ta’ala.

“Hal ini tentu menjadi semangat kita untuk mewujudkan kabupaten yang lebih maju dan lebih mulia, ini sudah mulai terlihat dan kita sudah berada di gerbangnya.” Imbuh Bupati.

Bupati juga menceritakan bahwa dirinya baru saja menerima 3 penghargaan selama 3 hari ini, “Kemarin kita mendapatkan 3 penghargaan yang sangat luar biasa, pertama Desa Tanjung Raya berhasil menjadi juara 4 Desa Cantik, PPD Tahun 2022 dari Bappenas dan Penganugerahan Predikat Opini Pengawasan Penyelenggaraan Layanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman.” Lanjutnya.

Selain itu, Bupati mengutarakan bahwa dirinya akan memperbaiki infrastruktur jalan antara Desa Kersa Jaya, Desa Karya Makmur dan tembus Desa Trikarya, “Nanti saya minta bantu Bapak Gubernur agar tahun ini jalannya bisa diperbaiki.” Tambah Bupati Enos.

Bupati Enos dan rombongan menyempatkan diri untuk berkeliling melihat hasil perkebunan dan produk UMKM yang dipamerkan dari setiap stand, terlihat Bupati dan rombongan sangat antusias melihat produk-produk UMKM, “Makanan ini enak, kemasannya menarik, harusnya bisa dijual ke luar daerah.” Ucap Bupati sembari menunjukkan keripik pisang madu.

Ia juga menambahkan, “HUT OKU Timur kali ini sengaja saya buat panjang, ini bertujuan agar bisa memberdayakan UMKM disetiap zona, semoga dengan adanya even ini bisa kembali menghidupkan ekonomi dan mengangkat produk UMKM yang ada.” Tambah Bupati.

Bupati Enos berpesan kepada pelaku UMKM untuk tidak berputus asa, tetap bersemangat, kami dari pemerintahan akan terus mengadakan even-even serupa untuk OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Sementara itu, Evi dan Eti pelaku UMKM dari Kecamatan Belitang Jaya menyambut baik even ini, mereka menuturkan produk yang dipamerkan kali ini merupakan produk unggulan dari desa masing-masing.

“Setiap produk yang kami tampilkan tentu sudah mendapatkan sertifikat halal dan PIRT dan semua perizinan yang dibutuhkan juga telah ada.” Tutur Evi.

Ditambahkan Eti, selama mengurus perizinan, dirinya tidak mengalami kendala, “Selama mengurus perizinan mulai dari PIRT hingga sertifikat halal, saya pribadi tidak mengalami kendala, semua dipermudah jika persyaratan yang dibutuhkan lengkap, intinya Pemkab OKU Timur tidak mempersulit dalam hal ini.” Tutupnya.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →