Herman Deru Salurkan Bantuan Peralatan, Pelaku Usaha Optimis Perekonomian Pelaku UMKM Kian Membaik

TRANSFORMASINEWS.COM- Ratusan Wirausaha Muda, Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil Menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) yang berasal dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel menerima bantuan peralatan usaha dari Gubernur Sumsel H Herman Deru bertempat di halaman Rumah Dinas Gubernur Griya Agung Palembang, Jumat (30/12) pagi.

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru menegaskan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian atas kegigihan para pelaku usaha yang tetap bertahan pada saat pandemi sekaligus sebagai apresiasi atas perannya dalam pengendalian inflasi di Sumsel.

“Sumsel masuk dalam10 provinsi terbaik di Indonesia dalam pengendalian inflasi. Hal ini bukan hebatnya pemerintah ataupun para pejabat tapi ini hebatnya para pelaku usaha yang dapat tumbuh dan bangkit ditengah ketatnya persaingan,” tegasnya.

Selain itu para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan stimulan dari Pemprov Sumsel ini, lanjut Herman Deru adalah pelaku usaha yang tetap bertahan di tengah badai pandemi Covid-19.

“Terimakasih pada para pelaku usaha yang telah bekerja luar bisa dalam membangun ekonomi yang tangguh menekan terjadinya gejolak inflasi daerah. Membaiknya ekonomi juga dikarenakan masyarakat telah aktif menggalakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) sehingga inflasi dapat dikendalikan,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel, H Edward Candra menyebutkan bantuan yang disalurkan masing dari Dispora berupa, Mesin Tetas Telur 56 unit, Bioflok ( kolam terpal) 50, Umkm bakery alat oven + mixer 54. Sedangkan dari Dinas Perdagangan membangikan bantuan sebanyak 1.400 unit diperuntukan bagi UMKM diantaranya berupac etalase 200 unit, vacuum press makanan 250 unit, vacuum press minuman 250 unit, tenda payung 250 unit, cooler box 200 unit dan timbangan 20 kg 250 unit.

Selain itu juga disalurkan bantuan dari Dinas Koperasi Prov Sumsel berupa menjahit sebanyak 120 unit, 8 mesin obras yang disebar ke 5 kabupaten/kota. Sedangkan mesin kopi diberikan kepada Koperasi Pesona Hutan Kita Binaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel.

Selanjutnya bantuan dari Dinas Perindustrian Sumsel memberikan bimbingan teknis produksi dan keamanan pangan bagi IKM. Pengolahan Perikanan ke 150 IKM dan Sosialisasi Pemanfaatan E-Katalog bagi pemasaran produk UMKM dalam rangka peningkatan P3DN Sumatera Selatan kepada 100 IKM Palembang-Sosialisasi E-Katalog-Sosialisasi Toko Daring.

Kemudian Bantuan Perlatan Bagi IKM Service Air Conditioner ke 20 IKM diantaranya Tool Kit, Freon Berikut Tabung, Manifold, Tangga, Ampere Meter, Flaring Tool, Pompa Vacuum, Pemotong Pipa, High Pressure Pump Cleaner / Washer serta Bantuan Perlatan Bagi IKM Logam dan Pandai Besi ke 20 IKM Ogan Ilir Gerinda, Genset, Ragum, Mesin Bor Duduk.

Dilain pihak sejumlah penerima bantuan mengaku sangat senang mendatkan bantuan dari Gubernur Sumsel dalam memperlancar pengembangan usaha yang mereka jalankan. Suci Yolanda salah satunya yang mendapatkan bantuan mesin penetas telur. Menurutnya bantuan yang telah diterima akan sangat bermanfaat dalam pengembanghan usaha yang tengah dirintisnya.

“Terimaksih pak Gubernur, semoga ini bisa bermanfaat dalam pengembangan usaha kami,” tegasnya.

Hal yang senada juga diungkapkan, Ujep seorang pedagang makanan dan minuman yang berjualan di sekitar jalan demang lebar daun Palembang. Dia mengaku sangat terbantu dengan adanya perhatian Gubernur Herman Deru.

“Kemarin jualannya hannya pakai meja, nah dengan adanya bantuan etalase dari pak Gubernur ini akan sangat membantu, semoga pembeli terus bertambah,” tandasnya.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →