Herman Deru Ajak Warga Jaga Kearifan Lokal dan Kelestarian Alam Untuk Menarik Wisatawan Datang Ke Danau Ranau

TRANSFORMASINEWS.COM-Menikmati indahnya pemandangan dan udara yang segar di sekitar objek wisata danau ranau menjadi momen yang istimewa bagi Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Usai melepas ribuan peserta Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF), Sabtu, (12/11) Gubernur Herman Deru didampingin Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani melanjutkan agendanya menuju Lapangan Parkir Pantai Bidadari dengan menyusuri ruas jalan di sekitar pantai danau ranau.

Momen tersebut juga dimanfaatkannya untuk menyapa warga, para penggiat wisata serta UMKM.

“Saya senang bisa hadir dan bersilaturahmi dengan masyarakat OKU Selatan di sini. Rasa syukur dan bangga ini tentu tidak lepas ridho Allah SWT,” ujar gubernur.

Keindahan alam yang telah diberikan Allah SWT kepada Kabupaten OKU Selatan berupa danau ranau tentu harus dijaga kelestariannya.

“Tugas kita melestarilan alam dengan menjaganya termasuk debit air danau karena air danau ini menjadi hajat hidup orang banyak,” katanya.

Herman Deru menyebut air danau ranau banyak memberikan manfaat bagi daerah sekitar termasuk kabupaten tetangga yang dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian dan perkebunan.

“Alhamdulillah berkat aliran danau ranau sampai saat ini kita menjadi lima provinsi di Indonesia sebagai penyangga pangan nasional,” terangnya.

Tidak hanya itu Herman Deru menegaskan, kehadiran dari danau ranau juga untuk memberikan motivasi bagi masyarakat agar terus menjaga keindahan destinasi wisata termasuk meliterasi warga agar terus menjaga keramahtamahan pada pengunjung yang datang. Selain itu pemasaran produk UMKM sudah disediakan etalase utamanya di saat ada event besar seperti Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF).

“Saya bersama Pak Bupati saat mengobrol, kami ingin danau ranau ini bermanfaat bagi orang banyak tidak hanya memandang tapi jadikan sebagai tempat yang berproduktif,” ujarnya.

Herman Deru berharap Danau Ranau akan terus menjadi destinasi tujuan bagi warga Sumsel bahkan pengunjung dari luar Provinsi.

“Setelah empat tahun berjalan kita evaluasi secara kuantitas dan kualitas. Dimana kita upayakan juga agar para tamu kita ini membawa cerita baik ketika kembali ke daerah asalnya. Disamping itu geliat ekonomi masyarakat luar biasa ada homesytay dan perhotelan. Tentu pemerintah juga secara bertahap memberikan bantuan dengan potensi yang ada,” ujarnya.

Saat ini kata Herman Deru Pemprov Sumsel sudah memberikan berbagai fasilitas pendukung baik infrastruktur ataupun untuk pengembangan destinasi wisata.

“Seperti bantuan watersprot ini sebagai alternastif para pengunjung untuk menikmati keindahan danau ranau tapi tidak lupa dengan keselamatan pengunjung,” paparnya

Tidak hanya itu saja, bahkan Herman Deru dalam waktu dekat akan kembali memberikan bantuan kepada Pemkab OKU Selatan untuk pembangunan Hall.

“Perlu juga di tambah hall juga agar institusi dan lembaga bisa mengadakan rapat di sini. Saya tunggu usulannya agar dapat dibangunkan sehingga makin lengkap lagi alasan orang untuk datang kesini. Saya terima kasih bantuan yang diberikan ke OKU Selatan semuanya termanfaat dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengatakan event SRGF keempat luar biasa. Semua tak lepas dari dukungan Gubernur Herman Deru.

Dia mengatakan sembari mununggu peserta SRGF mencapai finish, dirinya bersama Gubernur Herman Deru bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Masyarakat OKU Selatan ucapkan terima kasih setiap tahun begitu banyak fasilitas bantuan dari Pak Gubernur seperti mobil, perahu hingga watersport,” ucap Popo Ali.

Dengan sudah diberikannya bantuan oleh Gubernur Herman Deru, lanjut Popo Ali masyarakat yang berkunjung bukan hanya menikmati keindahan alam saja tapi juga menikmati fasilitas permainan yang telah sediakan.

“Fasilitas yang telah diberikan pak Gubernur dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan pengunjung danau ranau,” pungkasnya.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →