Feri Kurniawan : Minta Proyek Tahun Jamak Ogan Ilir Rp. 324 Milyar Harusnya Ditingkat ke Penyidikan

Bupati Ogan Ilir Mawardi Yahya meninjau proyek (Dok.Istimewa)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Dugaan mega korupsi proyek tahun Jamak Ogan Ilir tahun 2007 – 2010 terkesan mangkrak di Kejagung jelas pegiat anti korupsi Sumsel “Ir Feri Kurniawan”. “Dugaan korupsi APBD Ogan Ilir pada proyek tahun jamak 2007 sampai dengan 2010 sangatlah terang.benderang”, ucapnya.

“Pembayaran pekerjaan proyek melanggar Perda APBD 2010 dan Perbud Penjabaran APBD Ogan Ilir 2010 dan berpotensi merugikan keuangan negara Rp. 103 milyar”, papar Feri Kurniawan.

“PP 58 tahun 2005 tentang Keuangan Daerah menjelaskan aturan keuangan daerah yang harus melalui persetujuan DPRD”, kata Feri Kurniawan.

“Patut diduga pembayaran kontrak proyek tahun jamak Ogan Ilir tahun 2007 sampai dengan 2010 tidak mempunyai dasar hukum karena tidak tercantum dalam Perda APBD OI 2010 dan Penjabarannya sehingga dapat di anggap proyek tahun Jamak Ogan Ilir pada APBD OI 2010 adalah proyek siluman dan bagian dari APBD Siluman”, terang Feri selanjutnya.

“Wajar para anggota DPRD Ogan Ilir kala itu mengajukan hak interplasi karena uang negara di keluarkan tanpa dasar hukum namun di halangi oknum pimpinan DPRD Ogan Ilir dengan alasan tahun politis”, papar Feri kembali.

“Saya malah curiga kalau dugaan kelebihan pembayaran hingga Rp. 103 milyar ini justru untuk biaya politi”, jelas Feri Kurniawan.

“Pidana korupsi berdasarkan pasal 2 dan pasal 3 undang – undang tipikor tidak harus membuktikan adanya aliran dana ke pelaku namun unsur perbuatannya terpenuhi dan ada fihak yang di untungkan atau dalam bahasa hukum “memperkaya”, ucap Feri Kurniawan.

“Dengan alat bukti Perda tahun Jamak dan dokumen yang telah di serahkan ke Kejagung oleh pegiat anti korupsi milenial Jakarta harus Kejagung tidak diam membisu tapi menjelaskan proses hukum yang telah di jalani untuk menepis isue adanya deal – deal atau nego – nego untuk menghentikan proses hukum”, pungkas Feri Kurniawan. (FK/A.Aroni)