Dongkrak Potensi Wisata Pagaralam, Herman Deru Resmikan Jalan Lingkar Pelang Kenidai

TRANSFORMASINEWS.COM- Pemerataan pembangunan terus menjadi fokus Gubernur Sumsel H Herman Herman Deru. Dimana pada tahun 2023 ini, Gubernur Sumsel peresmian sejumlah pembangunan yang ada di Kota Pagaralam melalui Bantuan Gubernur (Bangub) Tahun Anggaran 2022.

Salah satunya yakni meresmikan pembangunan jalan lingkar Desa Pelangkenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam, Selasa (21/2).

“Pada prinsipnya Pemprov Sumsel akan terus mendorong kemajuan setiap daerah, baik bimbingan, pendanaan maupun perencanan program sesuai potensi daerah masing-masing. Seperti yang telah kita lakukan di Kota Pagaralam ini,” kata Herman Deru.

Dia menyebut, digelontorkannya bantuan gubernur untuk pembangunan daerah seperti Kota Pagaralam ini bentuk komitmennya.

Apalagi, lanjutnya, Kota Pagaralam merupakan salah satu daerah destinasi wisata andalan di Sumsel. Sebab itu, bantuan yang diberikan tersebut diharapkan dapat mendongkrak sejumlah potensi yang ada di Pagaralam tersebut.

“Sumber Daya Alam di Pagaralam ini harus terus dibenahi agar wisatawan untuk menuju kawasan ini dpat lebih lancar. Bantuan yang diberikan bukan hanya infrastruktur, tapi termasuk juga program kelistrikan,” bebernya.

Terlebih, Pagaralam sendiri jadi satu-satunya kota green city. Dimana Pagaralam menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber kelistrikan yang bersumber dari SDA.

“Pemnfaatan EBT untuk sumber kelistrikan di Pagaralam ini tentu tidak akan terjadi jika SDA-nya tidak terjaga. Namun di Pagaralam ini, semua berjalan baik sehingga suplay listrik di daerah ini berlebih dan bisa dibagi untuk kabupaten di sekitarnya,” jelasnya.

Hal itulah yang membuat Gubernur Herman Deru mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan Pemkot Pagaralam.

Kita sangat apresiasi apa yang telah dilakukan. Kita berharap pembangunn di Kota Pagaralam ini terus maju,” tegasnya.

Diketahui, pada tahun 2022 Pemprov Sumsel menggelontorkan anggaran bangub senilai Rp67 milyar untuk kota Pagaralam. Dimana anggaran tersebut diperuntukkan bagi 31 kegiatan meliputi pembangunan Jalan, Perkim, PSDA, Pendidikan serta komunikasi dan informasi seperti signal internet.

Pada kesempatan itu, Herman Deru juga menyerahkan Bangub tahun 2023 senilai Rp50 milyar kepada Pemkot Pagaralam.

“Jumlah bangub yang diberikan di setiap daerah ini berbeda-beda. Kita lihat potensi dn kebutuhannya. Bntuan yang diberikan itu tentu dinilai selaras dengan RPJMD Sumsel,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, sejak tahun 2019 bangub tersebut diterima Pemkot Pagaralam. Sebab itulah, kemajuan pembangunan cukup pesat terus terjadi di Kota Pagaralam.

“Setiap tahun, kepala daerah mengajukan program masing-masing, termasuk kota Pagaralam ini. Bangub ini

tentu membuat pembangunan Pagaralam tambah maju,” kata Alpian.

Dia pun mengapresiasi langkah gubernur dalam membantu kemajuan pembangunan di kabupaten dan kota di Sumsel ini.

“Banyak capaian yang telah terjadi di Pagaralam ini. Angka kemiskinan angka stunting di Pagaralam ini juga menurun. Ini terus kita pertahankan terus. Semua itu terjadi karena adanya bangub tersebut,” pungkasnya.

Disisi lain, warga Kota Pagaralam Aisyah mengaku senang lantaran jalan di wilayahnya yang dulunya rusah kini sudah lebih baik.

“Kami sangat berterima kasih. Karena bantuan gubernur ini jalan kami semakin bagus. Mobilitas kami ke kebun semakin lancar,” katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sumsel Alferenzi Panggarbesi, Ketua Kormi Sumsel Hj Samantha Tivani HD, Forkopimda Kota Pagaralam, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →