Dikeluhkan, Dana Sekolah Gratis sering Telat

TRANSFORMASI,OKU – Hingga saat ini dana Pendidikan Sekolah Gratis (PSG) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) belum dicairkan pemerintah. Dengan belum cairnya dana PSG Rp 15.000 per siswa perbulan hingga saat ini, berarti pencairan sudah tertunda dua bulan.
“Dana PSG ini biasanya dicairkan tiga bulan sekali. Artinya sekarang sudah terlambat dua bulan. Kita tidak tahu penyebabnya, ketika kita tanya ke Dinas jawab mereka menunggu Pergub,” kata Kepala SMP N 13 Baturaja, Nurin Dones Spd saat dibincangi, Senin (22/9).
Nurin Dones mengharapkan agar danak PSG ini segera cair tepat waktu sesui jadwal. Sebab dana ini sangat dibutuhkan oleh sekolah. Lebih dari itu Nurin mengharapkan, agar dana PSG ini jumlahnya dari Rp 15.000 perbulan persiswa juga dinaikkan. Jangan seperti Bantuan Sekolah Gratis (BGS) dari Rp 82 ribu per siswa perbulan turun menjadi Rp 34 ribu per siswa perbulan sesuai Peraturan Gubernur No 22 tahun 2014.
“Sekarang kami menerima BOS PSG Rp 15.000 per siswa perbulan terdiri dari Rp 10.500 dari Provinsi dan Rp 4500 dari Kabupaten. Total siswa kami sekitar 742 siswa siswi,” katanya.
Selain mendapatkan dana PSG kata Nurin mereka juga mendapatkan BOS APBN sekitar Rp 57 ribu persiswa perbulan. Uang ini dibayarkan tiga bulan sekali.  “Kalau dana BOS APBN ini selalu tepat waktu tidak seperti BOS PSG yang pencairannya selalu lambat,” katanya.
Sementara Pihak Dinas Pendidikan, saat hendak dikonfirmasi hal ini belum bisa di hubungi. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan, Mahyudin Helmy tidak ada di kantor. Dua nomor handphonenya tidak aktif saat dihubungi. Sementara Kabid Disdakmen Disdik OKU, Paranto saat dihubungi mengaku sedang rapat. “Nanti ya saya sedang rapat,” katanya singkat.(OKUOKE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.