Cara Perwakilan Mengenalkan Indonesia di Hati Pelajar Ukraina

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA

Perwakilan Indonesia di luar negeri selalu mempunyai cara uniknya masing-masing dalam mempromosikan Indonesia kepada audiens di negara akreditasi. KBRI Kyiv mengundang sejumlah pelajar Ukraina untuk berkunjung ke kantor KBRI dan Wisma Duta RI di Kyiv, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional beberapa hari yang lalu. Kunjungan tersebut diikuti oleh 36 pelajar dari 18 sekolah di kota Kremenchuk, Ukraina didampingi oleh 12 guru dan 2 pejabat Pemda Kremenchuk.

Para siswa mendapatkan penjelasan mengenai tugas para diplomat dan peran KBRI Kyiv dalam meningkatkan hubungan Indonesia – Ukraina, termasuk hubungan perdagangan Indonesia-Ukraina yang pada tahun 2020, total nilai perdagangan antara kedua negara mencapai USD 1,19 miliar.

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi mempergunakan kesempatan kunjungan para siswa tersebut untuk lebih mendekatkan generasi muda Ukraina pada Indonesia dengan memperkenalkan kuliner dan musik Indonesia. Di Wisma Duta RI, para siswa dan guru pendamping menikmati aneka kuliner Nusantara. Mereka mengakui kelezatan citarasa makanan Indonesia.

Para siswa juga sangat antusias saat diperkenalkan dengan permainan angklung interaktif yang dipandu oleh staf KBRI Kyiv yang juga dosen Bahasa Indonesia di Universitas Taras Shevchenko, Prabowo Himawan. Dengan angklung di tangan masing-masing, para siswa kemudian memainkan lagu “Burung Kakak Tua”. Mereka menyatakan kekagumannya pada angklung yang terbuat dari bambu namun mampu menghasilkan alunan musik yang mempesona. Dubes Yuddy kemudian menghadiahkan angklung kepada para siswa tersebut.

Para siswa kemudian diajak menyanyikan salah satu lagu Pop Indonesia “Dekat di Hati” dari grup RAN, yang liriknya dialihbahasakan ke Bahasa Ukraina oleh Iryna Zalevska, mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Taras Shevchenko. Dengan iringan gitar dari Alan Maulana, mahasiswa Indonesia di Ukraina, Iryna kemudian memandu para siswa tersebut menyanyikan refrain lagu tersebut dalam Bahasa Ukraina. Walau baru pertama kali mendengar lagu itu, melodi lagu yang catchy membuat para siswa langsung suka dan hafal irama lagu sehingga tanpa kesulitan mereka ikut bernyanyi.

Rangkaian kunjungan para siswa Propinsi Poltava ke kota Kyiv ini ditutup dengan mengunjungi Anjungan Taman Indonesia di MM Gryshko Botanical Garden yang memiliki bangunan tradisional ala Sunda “Sorondoy”, dan replika stupa Borobudur.

(Sumber: KBRI Kyiv)

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →