Bunda Literasi OKU Timur Buka Pelatihan Mendongeng, Ini Manfaatnya Untuk Anak!

TRANSFORMASINEWS.COM-Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dan Nur Inayah, S.Pd. didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ella Nursanti, S.E. hadiri dan membuka Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja dalam rangka “Pelatihan Mendongeng Untuk Bunda Literasi Kecamatan dan Desa Kabupaten OKU Timur”. Jum’at, 9 Desember 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Bina Praja II Setda OKU Timur ini menghadirkan narasumber dari Kota Palembang yakni Ketua Kampung Dongeng Sumatra Selatan Ninuk Sundari, tidak sendiri, Ninuk Sundari membawa 4 pendongeng cilik yaitu Keyra Raisa Putri (13th), Asyifa Putri (11th), Indira Ainun Nadra (10th) dan Munayah Husna (8th).

Ketua TP. PKK yang juga sebagai Bunda Literasi OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dalam kesempatan ini mengatakan bahwa alasan mengapa dipilihnya kegiatan Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja pada tahun ini adalah pelatihan mendongeng.

“Karena mengingat kita sedang dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat salah satunya dengan meningkatkan indeks literasi di masyarakat, diantaranya dengan pelatihan mendongeng untuk anak-anak usia dini” tutur dr. Sheila.

Dr. Sheila melanjutkan, Untuk memenuhi hak-hak anak seperti hak untuk mendapatkan pendidikan, pembelajaran, hak untuk bermain dimana salah satunya melalui mendongeng, “Mendongeng banyak sekali memberikan manfaat, diantaranya untuk melatih perkembangan kognitif, menambah kosa kata anak, meningkatkan imajinasi, membuka wawasan baru, mengajarkan kecerdasan sosial emosional dalam membentuk karakter dan yang paling penting adalah mempererat hubungan orang tua dan anak” jelasnya.

Dr. Sheila berharap kepada Bunda Literasi Kecamatan dan Desa setelah mengikuti kegiatan pelatihan mendongeng ini harus ada inovasi.

“Setiap orang adalah inovator, setiap masalah adalah peluang inovasi, setiap solusi harus bersinergis, setiap inovasi harus konkrit hasilnya, jadi, berbuatlah sekecil apapun, kalau kita berbuat pasti kita melihat hasilnya, mari kita gaungkan literasi untuk menghasilkan generasi-generasi yang literate sehingga kualitas SDM di OKU Timur kelak akan menjadi generasi emas” tutup dr. Sheila yang baru saja meraih penghargaan sebagai Terbaik I Inovator Tahun 2022 di Provinsi Sumatra Selatan.

About Admin Transformasinews

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan"

View all posts by Admin Transformasinews →