ASWARI INTIP PELUANG GANDENG HERMAN DERU, ISHAK MEKKI NGGAK MAU JADI “BAN SEREP”

000

TRANSFORMASINEWS, PALEMBANG– Mendekati Pilkada Sumsel 2018 mulai bermunculan calon yang digadang-gadang akan maju dalam Pilkada. Bahkan sudah ada bakal calon kepala daerah  yang dipasangkan dengan bakal calon kepala daerah lainnya, dengan tujuan untuk melihat respon masyarakat.

Salah satu calon Gubernur Sumsel dari Partai Gerindra, Aswari Rifai disebut-sebut akan menggandeng mantan Bupati OKU Timur, Herman Deru pada Pilkada Sumsel ini.

Sekretaris Gerindra Sumsel yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel, Nopran Marjani mengatakan, Bakal Calon Gubernur Sumsel dari Partai Gerindra, Aswari sedang menjajaki kemungkinan untuk berduet dengan Herman Deru.

“Duet maut calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018, Aswari Rifai dan Herman Deru. Dengan slogan Duet Maut ” Maju Untuk Terdepan”. Untuk Partai pengusung dan pendukungnyo tunggu tanggal mainnya,” ujar Nopran Marjani.

Namun kemungkinan pasangan ini tidak bisa dijodohkan karena keduanya diyakini sama-sama ingin jadi Gubernur Sumsel. ” Politik itu dinamis, semua bisa terjadi,” ujar Nopran.

Kekalahan Percha Leanpuri di pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Muchendi Mahzarekki di Pilkada Kabupaten Ogan Ilir (OI) dapat menjadi acuan Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) 2018.

Sebab, figur yang diprediksi akan maju di Pilkada Sumsel 2018 punya kaitan dengan hasil di Pilkada dua Kabupaten tersebut. Sebut saja Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki yang digadang-gadang sebagai salah satu bakal calon orang nomor satu di Bumi Sriwijaya.

Takluknya sang anak di Pilkada OI, bisa dijadikan gambaran sekaligus evaluasi bahwa elektabilitas Partai Demokrat di Bumi Caram Seguguk masih sangat mengkhawatirkan. Meski kekalahan Helmi Yahya-Muchendi dari Ahmad Wazir Nofiadi-Ilyas Panji Alam tidak terlalu telak.

“Walaupun Muchendi kalah, Ishak Mekki tentu tetap tidak ingin tinggal diam. Pasti dia ingin menjadi nomor satu. Nggak mau lah jadi “ban serep” (Wakil Gubernur) lagi,” kata Pengamat Politik Joko Siswanto, Jum’at (11/10).

Kekalahan Percha dijelaskan Joko, juga akan berpengaruh terhadap pencalonan kembali ayahnya, Herman Deru sebagai calon Gubernur Sumsel. Runtuhnya citra Percha, sangat mungkin berpengaruh terhadap turunnya elektabilitas Deru yang pada Pilkada Sumsel 2018 sanggup memberikan persaingan sengit terhadap pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki.

“Dengan situasi seperti itu, Saifudin Aswari Rivai (Bupati Lahat) yang merasa punya peluang pasti akan maju, tidak akan tinggal diam. Siapapun yang jadi pemimpin tentu tidak akan puas sebelum ada dipuncak. Apalagi dia saat ini salah satu kepala daerah di Sumsel yang potensial menjadi calon Gubernur Sumsel,” jelasnya.

Sumber:mediaonlinenews/Rmol ( Hensyi Fitriansyah/sri)

Editor: A.Aroni

Posted by: Amrizal Aroni

Leave a Reply

Your email address will not be published.