Bagaimana Nasib Partai Islam Kedepan?

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA –

Kelahiran partai islam setelah pemilu 2019 tak lepas dari dinamika politik di negeri ini, setelah kejadian demonstrasi Gubenur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama.

Dimana, kala itu yang mampu mendatangkan masa yang banyak dengan perkiraan 7 juta orang pada aksi bela islam 212. Dan itu diyakini berbagai tokoh serta pengamat dalam negeri sebagai social capital. Namun kelahiran partai politik islam setelah tahun 2019 justru memiliki dinamika dan tantangan tersendiri.

Di antara tantangan tersebut, partai islam yang telah berdiri ini harus bisa melepaskan diri dari isu rasialisme, karena pada masa aksi bela islam tersebut tidak lepas dari isu rasialisme yang berujung pada tuduhan isu islam radikal dan intoleran.

Dari sini pulalah perlu membuat citra partai islam yang rahmatan lil alamin (rahmat semesta alam) yang harus dibesut, sehingga memerlukan tokoh yang mumpuni seperti nahkoda dan bidak catur yang mampu menumbuhkan harapan di masyarakat.

Hal ini diperlukan karena lawan dari partai islam sesungguhnya adalah partai nasionalis yang kebetulan warnanya “abangan”, sehingga dari situ akan memunculkan dinamika dengan partai islam, sebab dari pengamatan yang pernah saya alami sendiri bahwa konflik yang sering dimunculkan di masyarakat oleh partai nasionalis adalah memunculkan ketakutan di tengah masyarakat, antara lain tawuran pendukung dengan pendukung partai islam lain yang telah menjadi musuh bebuyutan pendukungnya.

Tokoh yang perlu ditampilkan dari partai islam ini seperti Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, dan lain-lain. Lalu, apakah nantinya partai islam yang telah lahir ini akan memunculkan tokoh yang akan memiliki slogan Bal dattun toyiban tun wal robbun ghofur (tidak akan Aku [Allah SWT] rubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya)?

Wallahualam Bissawab.

Penulis: Ardian Rahman, Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM tahun 2010.

About B S W

"Orang yang mengerti itu mudah untuk memaafkan" by B431

View all posts by B S W →