Wartawan Caleg Dan Tim Sukses Harus Mundur

ILUSTRASI

TRANSFORMASINEWS.COM, BANJARMASIN. PARA wartawan yang menjadi calon anggota legislatif serta tim sukses pasangan calon presiden diharuskan cuti atau mundur sebagai jurnalis.

Imbauan tegas tersebut dikemukakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan menyikapi adanya belasan wartawan di sana yang mengikuti Pemilihan Legislatif 2019 dan menjadi tim sukses.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi, di Banjarmasin, kemarin, menjelaskan mengacu pada aturan Dewan Pers, maka mereka yang ikut dalam kontestasi calon legislatif atau menjadi tim sukses harus cuti atau mengundurkan diri.

Namun, untuk wartawan di luar keanggotaan PWI, maka kebijakannya diserahkan ke setiap perusahaan pers bersangkutan. “Bagi mereka yang cuti pun jika nanti terpilih mereka wajib mundur dari wartawan,” tegasnya.

Hal serupa juga dikemukakan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo saat berada di Banjarmasin. “Media (massa) jangan dimanfaatkan untuk kepentingan politik,” ujarnya. Pers harus bisa kembali kepada tugas dan fungsi awalnya, yaitu mengabdi kepada masyarakat dan bangsa. Pers juga harus jujur, apa adanya, bertindak sebagai pengawas, mendidik hingga menghibur masyarakat.

Dewan Pers pun telah menerbitkan surat edaran agar wartawan yang terlibat politik praktik, baik menjadi calon legislatif, tim sukses, maupun ikut terlibat dalam politik untuk cuti atau mengundurkan diri. “Wartawan tidak boleh berdiri di dua tempat. Ini bagian untuk menjaga kemuliaan profesi, etika moral jangan sampai tercemari kepentingan politik praktis,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dewan Pers juga telah memutuskan kerja sama dengan IJTI terkait dengan keterlibatan Ketua IJTI sebagai tim sukses salah satu pasangan capres. Jika tetap nekat ikut berpolitik, Dewan Pers bisa mencabut sertifikasi wartawan yang telah disandang wartawan tersebut.

Sumber:  mediaindonesia.com

Posted by: Admin Transformasinews.com