Warga Gandus Pertanyaan SOP Pemakaman Korban Covid-19.TPU Gandus

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Terkait pernyataan walikota Palembang perihal lokasi pemakaman bagi korban corona atau Covid-19 di TPU Gandus sepertinya telah menuai konteversi masyarakat Gandus.

Sebelumnya walikota Palembang pernah lontarkan bahwasanya terkait masalah adanya sejumlah warga diluar Palembang yang melakukan penolakan pemakaman jenazah Covid 19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah berinisiatif mempersiapkan lahan seluas 2 Ha untuk tanah pemakaman khusus ini kata.Harnojoyo kepada para pers dalam rapat gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 di rumah dinas walikota beberapa hari yang lalu ,Kamis (2/4/2020)

Terangnya waktu itu adapun lokasinya di Kecamatan Gandus dengan luas 2 Ha, yang di siapkan secara khusus oleh pemkot Palembang.

Sementara itu kadis DPRKP. Melalui wa nya ( 2/4/2020) di tanya kan terkait pernyataan pak walikota tersebut kadis membenarkan stagmen walikota Palembang tersebut ” secara khusus akan menyiapkan lahan 1000 meterpersegi dengan posisi agak jauh dari pemakaman warga ” terang Affan Prapanca Mahali.

Keresahan masyarakat Gandus mulai terlihat setelah adanya pemberitaan TPU Gandus dijadikan pemakaman para korban covid-19.

Dengan adanya kejadian ini untuk meredam dari keresahan masyarakat Gandus ,Riki Fernandi dalam pesan Wa nya (6/4/2020) mengatakan sampai saat ini masih menunggu jawaban dari dinas DPRKP terkait juknis dan SOP soal pemakaman ini,beberapa hari yang lalu sudah kami layangkan surat dinas ke Dprkp ,nanti jika ada jawaban bisa di sampaikan ke pada masyarakat sekitar Kecamatan Gandus,”papar camat.

Sementara itu salah satu aktivis Forum Masyarakat Gandus mempertanyakan standar WHO untuk pemakaman korban Corona di lingkungan masyarakat umum. (Boni B)

Posted by: Admin