Sidang Dugaan Korupsi Kredit Bank Sumsel Babel, Jaksa Kejati Nilai Pihak Bank Sesuai SOP

Terdakwa Ir Augustinus Judianto saat di persidangan. (foto-ferdinand/koransn)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – JAKSA Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, Adi Purnama, Kamis (28/11/2019) mengatakan, dari keterangan tiga pegawai Analis dan Legal Kredit Bank Sumsel Babel (BSB), yakni Anton, Wisnu Wardana Yusman yang menjadi saksi persidangan dugaan korupsi kredit modal kerja (KMK), mengungkap fakta jika pihak BSB telah melakukan proses pencarian kredit sesuai dengan SOP.

“Jadi dari fakta persidangan ketiga saksi tersebut, diketahui jika prosedur sudah dilakukan. Dan secara satu-persatu SOP telah dijalankan, termasuk upaya kehati-hatian juga telah dilakukan oleh pihak bank. Jadi pihak bank dalam hal ini sudah melakukan SOP, tinggal kita lihat saja nanti penilaian Majelis Hakim,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, selain itu dari keterangan para saksi yang dihadirkan di persidangan menguatkan dua alat bukti jika perbuatan terdakwa Ir Augustinus Judianto selaku Komisaris PT Gatramas Internusa dalam dugaan kasus ini diduga sudah terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

“Dengan dua alat bukti ini kami pun berkesimpulan, jika terdakwa memang benar-bener diduga telah merampok bank. Apalagi dalam dugaan kasus ini, tidak ada upaya dari terdakwa untuk mengembalikan kerugian negara,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, selain itu dalam dugaan kasus ini terdakwa Augustinus diduga melakukan itikad tidak baik.

“Adapun itikad tidak baik tersebut, yakni terdakawa diduga memanipulasi data dengan menaikan nilai barang yang menjadi agunan,” terangnya.

Bukan hanya itu, terdakwa juga memindahkan rekening pembayaran hasil pekerjaan dari PT Rekin ke PT Gatramas Internusa, dimana yang seharusanya sesuai perjanjian kontrak kredit transaksi jika pembayaran hasil pekerjaan PT Gatramas Internusa ditansferkan ke rekening Bank Sumsel Babel. Namun oleh terdakwa dialihkan ke rekening bank lainnya.

“Nah, inilah yang membuat ‘kebocoran’ pihak Bank Sumsel Babel, meskipun sebenarnya pihak bank telah melakukan tindakan yang sesuai SOP,” tutupnya.

Sumber: koransn.com (ded)

Posted by :Admin