RSUD Sumsel, Wujud Dukungan Pemprov Sumsel Pada Nawacita Presiden Joko Widodo

 

Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama Menkes RI Nila Moeloek saat peresmian RSUD Provinsi Sumsel, Sabtu (23/06). (ist)

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG. Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek, mengapresiasi sejumlah pembangunan infrastrukrur di Sumatra Selatan, termasuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumsel di Jalan Kolonel H Burlian, Palembang, yang diresmikan, Sabtu (23/06).

Bagi Nila, pembangunan RSDU Sumsel yang terintegrasi ini, tidak terlepas dari kinerja Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat di Sumsel. “Kita tahu banyak yang menginginkan untuk menjadi gubernur, akan tetapi gubernur yang paling keren adalah Gubernur Sumsel, berbagai pembangunan infrastruktur yang telah dibangun untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Menkes Nila Moeloek.

Menurutnya, dengan telah dibangunnya sejumlah infrastruktur berlevel internasional, tentunya Pemprov Sumsel telah mewujudkan program nawacita Presiden Joko Widodo, yakni meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus dapat bersaing dengan negara luar bahkan negara tetangga. Dia pun telah merasakannya di Sumsel.

“Bagaimana tidak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sudah mewujudkan hal itu dengan bergotong royong, untuk membuat Sumber Daya Manusia, berbagai pembangunan yang berlevel internasional telah ada di Sumsel, hal itu membuat SDM di Sumsel menjadi berkualitas yang dapat bersaing dengan negara luar, “ujarnya.

Dengan hadirnya RSUD Sumsel, Nila sangat berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan infrastruktur dan SDM yang ada, dengan tidak akan lagi berobat ke luar luar negeri, disebabkan pemerintah telah menyediakan rumah sakit yang fasilitasnya lebih baik dari rumah sakit yang ada di luar negeri. 

Kemudian, pihaknya juga akan menambah pengadaan alat-alat dan fasilitas di RSUD Sumsel, agar rumah sakit yang menjadi impian Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini dapat mengatasi persoalan kesehatan masyarakat di wilayah barat.

“Kata gubernur mimpi bisa jadi terwujud, tapi APBN akan memikirkan seluruh nasional Indonesia, tapi kami tentu bisa melihat prioritas-prioritas yang harus ditingkatkan, jika memang rumah sakit ini bisa mengatasi (kesehatan) di wilayah barat, tentu kami betul-betul akan memperhatikan RSUD ini, “jelasnya.

Sementara itu, Alex Noerdin mengatakan, RSUD ini sudah menjadi impian sejak tahun 2013 lalu dan akhirnya diresmikan tahun ini. Alex pun mengaku bangga dengan telah diresmikannya rumah sakit rujukan provinsi dengan tipe B ini.

“Kami terima kasih Menkes sudah membantu biaya alkes, tadi sudah bisik-bisik akan tambah tahun depan. Mari kita jaga bersama rumah sakit ini. Karena RSUD Provinsi Sumsel ini milik kita semua,” kata Alex.

Pemerataan Kesehatan, Tiga Rumah Sakit Segera Dibangun di Wilayah Timur Indonesia

Menkes RI Nila Djuwita F Moeloek memberikan sambutan saat peresmian RSUD Sumsel, Sabtu (23/06). (ist)

Usai meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumsel, Menkes RI Nila Djuwita F Moeloek langsung berencana akan membangun tiga rumah sakit tipe B di wilayah timur Indonesia

Menurutnya, keinginan ini sebagai bentuk pemerataan pembangunan kesehatan di Indonesia yang selama ini dinilai condong ke wilayah barat saja.

“Saya akui, pembangunan kesehatan di wilayah barat cukup baik, sedangkan di timur kurang. Maka dari itu, dalam waktu dekat kami akan bangun tiga rumah sakit di wilayah timur, Ambon, Wamena, dan Kupang,” kata Nila Moeloek saat Peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumsel di Jl Kol H Burlian, Palembang, Sabtu (23/06).

Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, Menkes Nila berharap kepada pihak pemerintah provinsi, khususnya gubernur di setiap provinsi untuk berperan aktif turun tangan dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Dengan begitu, kesehatan di Indonesia dapat merata.

“Setiap gubernur harus berperan aktif dalam pembangunan kesehatan. Seperti halnya harapan Gubernur Sumsel (Alex Noerdin), masyarakat tidak perlu lagi untuk berobat di luar negeri karena kita sudah punya rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap,” tandasnya. (bas)

Sumber:  fornews.co 

Editor: Nurmuhammad

Posted by: Admin Transformasinews.com