Mengenal Putra Lubuk Linggau Selaku  Kapolsek Gandus  Dalam Enam Program Kerjanya

Kapolsek Gandus, AKP Willian Harbensyah, SIK

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Terhitung dari 18 September 2019  AKP Willian Harbensyah, SIK mendapatkan kepercayaan penuh dalam mengemban tugas negara untuk menjadi orang namor satu di  Kepolisian Sektor Gandus Polrestabes Palembang Polda Sumsel,yang berlokasi jalan TPH Sopian Kenawas kecamatan Gandus Kota Palembang.

Mengutip dari  wacana di rekan rekan media lain nya mengenai sosok Kapolsek Gandus, AKP Willian Harbensyah, SIK, yang saat ini memiliki 3 orang anak ,yaitu dua orang putra dan satu orang putri, yaitu Byantara Ardana RW (9), Bimantara Athaya RW (4), dan Bintang Athira yang masih berusia 10 bulan. hasil pernikahannya   seorang wanita yang juga merupakan anggota dari kepolisan wanita, bernama AKP Chindi Helyadi, SIK  yang sama propesinya selaku POLRI di Sumatera selatan ini.

AKP Willian Harbensyah, SIK  yang merupakan kelahiran  Lubuk Linggau pada 29 November 1985,  memiliki riwayat pendidikan yang rata-rata juga berada di kota tersebut, yaitu dari pendidikan dasarnya sempat ataupun alumni di sekolah di SD Xaverius Lubuk Linggau (1997), SMP Xaverius Lubuk Linggau (2000), dan SMU N 1 Lubuk Linggau (2003) dan AKPOL angkatan 2007.

Sebelum menjabat sebagai Kapolsek Gandus, AKP Willian Harbensyah, SIK  yang saat kediamannya  beralamatkan  tinggal di Perumahan Puri Tanjung Asri Blok Cemara No.5
Jl. Tanjung Sari 2 Kel. Bukit Sangkal Kec. Kalidoni dalam menyandang pangkat  perwira pria Lubuk Linggau  ini jebolan AKPOL angkatan 2007 ini,dalam pengabdian pertama  terhitung dari 2008 di  kesatuan POLDA Kalimantan Timur,yaitu KA SPK Polres Bontang, sudah penuh dengan kalau di lihat dalam pengalaman tugasnya,yaitu sempat menduduki beberapa jabatan selama pengabdiannya di Polri dalam  daerah Indonesia ini, diantaranya adalah :

  1. KA SPK Polres Bontang Polda Kaltim, pada 17 Januari 2008.
    2. Kanit Reskrim Polsek Bontang Selatan Res Bontang Polda Kaltim, pada 12 September 2008.
    3. Kanit Idik 2 Sat Reskrim Polres Bontang, pada 06 Oktober 2009.
    4. Wakapolsek Bontang Selatan Res Bontang Polda Kaltim, pada 22 Desember 2010.
    5. KBO Satresnarkoba Polres Bontang Polda Kaltim, pada 13 Mei 2011.
    6. Kapolsek Muara Badak Polres Kutai Kartanegara Polda Kaltim, pada 17 September 2012.
    7. Kasat Reskrim Polres Tarakan Polda Kaltim, pada 17 Oktober 2013.
    8. Panit 1 Unit 3 subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim, pada 20 Maret 2014.
    9. Pama Setukpa Lemdikpol, pada 11 Desember 2014.
    10. Kasubdensis Setukpa Lemdikpol (DIK PTIK), pada 18 Desember 2014.
    11. Pama Polda Sulteng, pada 28 Juli 2016.
    12. Kasubbag Kermaops Bag Binlat Roops Polda Sulteng/ BKO OPS.Tinombala di Poso (4 bulan), pada 19 Agustus 2016.
    13. Kasat Reskrim Polres Palu Polda Sulteng, pada 22 Jauari 2017.
    14. Pama Polda Sumatera Selatan, pada 13 Oktober 2017.
    15. Panit 1 Unit 2 Subdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, pada 15 November 2017.
    16. Kasat Reskrim Polres Muara Enim Polda Sumsel, pada 22 Februari 2018.
    17. Kapolsek Gandus Polresta Palembang Polda Sumsel, pada 18 September 2019.

Selaku orang baru Kapolsek Gandus, AKP Willian Harbensyah, SIK termasuk pemimpin yang dekat dengan para anggota satuan lainnya di Polsekta Gandus.

Kehadiran AKB Willian Harbensyah SIK selaku orang nomor satu di kesatuan Polisi sektor di Gandus  ini sepertinya di sambut dengan hangat oleh para  para rekan rekannya ,Menurut k rekan rekannya, Kasium Polsek Gandus, Bribka Rohman, PS dan kanit Binmas, Ibda Sartono, Aipda Alwi Andri selaku Babinkantibmas 36 Ilir , menurut mereka Kapolsek Gandus AKP Willian Harbensyah, SIK,dalam adaptasinya kepada bawahannya secara dinas merupakan sosok yang sangat peduli dan memiliki jiwa kekeluargaan yang tinggi dengan para anggotanya.

Mantan Kasat Reskrim Polres  Kapolres Muara Enim ini perlu di acungkan jempol,tugas Kapolsek yang pertama dalam karirnya di Kapolsek Gandus tidak tanggung tanggung menerapkan program  yang sifatnya kemanusian dalam pendekatan ke masyarakat gandus dari Pulokerto sampai berbatasan kelurahan 36 ilir.

Diantara program tersebut yaitu  bernama  “ NGOPI MAS “ (Ngobrol Polisi dan Masyarakat)”
pola ini menurut AKB Willian Harbensyah SIK  megatakan “  bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan menggali permasalahan yang ada di masyarakat serta bersama sama mencari solusi penyelesaiannya,  adapun bentuk kegiatan antara lain Sambang dan Dialog dengan masyarakat,Pertemuan toga tomas todat dan toda,” jelasnya

Kemudian  adanya namanya  “ SINGA MAS “  (Polisi Ditengah Masyarakat)
yang akan kepada kesatuannya di polsek  Gandus dengan tujuan para kesatuan kepolisian di sektor Gandus dalam kepemimpinannya dalam tugas nya sehari hari  untuk memberikan rasa aman dan tenang terhadap semua kegiatan masyarakat,Adapun bentuk kegiatan antara lain:
Ploting daerah rawan macet dan langgar, Jaga tempat keramaian baik berupa pesta perkawinan, ataupun keramaian lainnya,” papar AKB Willian Harbensyah ,SIK

BABANG NUSA (Bhayangkara Sambang Nusa)
Adalah salah satu program Polsek Gandus dibawah kepemimpinan Kapolsek Gandus AKP Willian Harbensyah, SIK yang bertujuan untuk sambang kamtibmas terhadap masyarakat yang tinggal di pulau dan pinggiran perairan Sungai Musi. Adapun bentuk kegiatan antara lain: Patroli dan Sambang dengan menggunakan transportasi air.

SI BIMA (Polisi Berbagi Sesama)
Adalah salah satu program Polsek Gandus dibawah kepemimpinan Kapolsek Gandus AKP Willian Harbensyah, SIK yang bertujuan untuk meringankan beban kehidupan masyarakat yg tidak mampu. Adapun kegiatan antara lain: Memberikan bantuan baik berupa sembako ataupun dana.

POLISI BAPER (Polisi Pembina dan Penyuluh Pelajar)
Adalah salah satu program Polsek Gandus dibawah kepemimpinan Kapolsek Gandus AKP Willian Harbensyah, SIK yang bertujuan untuk melakukan pembinaan dan penyuluhan terhadap adek-adek siswa pelajar sekolah agar mengerti hukum dan terhindar dr perbuatan yg menyimpang. Adapun bentuk kegiatan antara lain: Inspektur Upacara hari Senin Binluh pelajar

BAPAKEMAS (Bhayangkara Penyuluhan Keamanan ketertiban Masyarakat)
Adalah salah satu program Polsek Gandus dibawah kepemimpinan Kapolsek Gandus AKP Willian Harbensyah, SIK yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan kamtibmas kpd masyarakat sehingga masyarakat dapat paham dan ikut bersama-bersama untuk menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing. Adapun bentuk kegiatan antara lain: Binluh di RT,RW, Kelurahan ataupun Kecamatan.

Tim “BELUT” (Begal Seluruh Penjahat)
Adalah tim yg dibentuk oleh Kapolsek Gandus yg dipimpin oleh Kanit Reskrim beranggotakan unit reskrim bertugas untuk melakukan penangkapan thdp setiap pelaku kejahatan.

“Sampai hari ini, semua Program tersebut benar-benar dijalankan oleh beliau, bersama jajaran anggota lainnya,” ujar kanit Binmas, Ibda Sartono, Rabu (27/11/2019).

Selain itu, di bawah kepemimpinannya saat ini, AKP Willian Harbensyah, SIK, juga melakukan renovasi di beberapa bagian di Polsek Gandus, demi memberikan kenyaman pada seluruh masyarakat yang datang ke Polsek Gandus..

BIODATA : 

Nama : AKP WILLIAN HARBENSYAH, SIK

Jabatan : Kapolsek Gandus Polrestabes Palembang

Tempat, Tanggal Lahir : Lubuk Linggau, 29 November 1985

Alamat Rumah : Perumahan Puri Tanjung Asri Blok Cemara No.5
Jl. Tanjung Sari 2 Kel. Bukit Sangkal Kec. Kalidoni

Alamat Kantor : Jl. TPH Sopian Kenawas, Kecamatan Gandus, Kota Palembang

  1. Riwayat Pendidikan :  SD Xaverius Lubuk Linggau, SMP Xaverius Lubuk Linggau,   SMU N 1 Lubuk Linggau dan Akpol Angkatan 2007

KELUARGA

Nama Istri :  AKP Chindi Helyadi, SIK

Nama Anak :
1. Byantara Ardana RW 9th (Laki-laki)
2. Bimantara Athaya RW 4th (Laki-laki)
3. Bintang Athirah RW 10 bulan (Perempuan)