Mahfud MD Minta Jaksa Dan Polisi Profesional: Tak Boleh Main Perkara

Menko Polhukam Mahfud MD usai Rapat Paripurna Tingkat Menteri di Kemenko Polhukam, Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menuntut polisi dan jaksa semakin profesional. Dua unsur penegak hukum itu diminta benar-benar menjalankan tugasnya secara benar.

Pernyataan itu dilontarkan Mahfud setelah mengikuti rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. Jaksa Agung ST Burhanuddin tampak juga ikut dalam rapat tersebut.
“Tidak boleh ada penegak hukum atau oknum penegak hukum yang bermain mata, berkolusi dengan orang di luar lembaga penegak hukum untuk satu (atau) beberapa perkara,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10).
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) dan Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) mengikuti rapat terbatas tentang penyampaian program dan kegiatan bidang pembangunan manusia dan kebudayaan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menurut Mahfud, Jaksa Agung Burhanuddin dan perwakilan Polri yang hadir sudah sepakat untuk lebih disiplin agar ada peningkatan profesionalitas.
“Kita bersepakat tadi bahwa untuk penegakan hukum, maka Kejaksaan Agung, dan Kepolisian akan meningkatkan profesionalitasnya dan meningkat kedisiplinan dan betul-betul mengawal penegakan hukum,” sebutnya.
Mahfud mengatakan, permintaan Jokowi mungkin terkesan sederhana. Namun, pesan itu penting untuk masa depan penegakan hukum di Indonesia.
Khusus untuk Jaksa Agung, permintaan soal penegakan hukum sudah diucapkan Jokowi sejak diperkenalkan ke publik. ST Burhanuddin diminta memperhatikan komplain dari masyarakat.
Sumber: https://kumparan.com
Posted by: Admin