KPK Tegaskan Proses Hukum Tetap Jalan Bagi Calon Kepala Daerah

Ali Fikri

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA – Menanggapi adanya pertanyaan jika KPK akan menunda pengusutan perkara yang melibatkan calon kepala daerah yang maju di Pilkada serentak 2020.

PLT.Jubir KPK, Ali Fikri mengatakan, jika KPK saat ini tidak akan menunda proses hukum terhadap perkara siapapun termasuk terhadap perkara yang diduga melibatkan para calon kepala daerah.

“KPK yakin proses hukum di KPK tidak akan terpengaruh oleh proses politik tersebut, karena proses hukum di KPK sangat ketat, syarat dan prosedur penetapan tersangka, penahanan dan seterusnya melalui proses yang terukur berdasarkan kecukupan alat bukti dan hukum acara yang berlaku,” kata Ali seperti pernyataannya diterima Klikanggaran.com, Senin (07/09/20).

KPK mendorong masyarakat agar selektif menentukan pilihan calon kepala daerah. Beberapa program pencegahan terkait pilkada menurut Ali sudah disiapkan KPK, antara lain pembekalan untuk calon kepala daerah, penyelenggara dan edukasi untuk pemilih.

Untuk diketahui, saat ini KPK tengah menangani beberapa kasus dugaan korupsi, salah satunya yang diduga melibatkan calon kepala daerah.

Melalui unit Korsupdak, Jumat, 24 Juli 2020 yang lalu, KPK telah mengambil alih perkara dari Polda Sumsel yaitu perkara dugaan tindak pidana korupsi pada kegiatan pengadaan tanah TPU Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang bersumber dana dari APBD TA 2013 senilai Rp.6 Miliar.

Hingga saat ini, sebanyak 27 orang saksi telah dimintai keterangan oleh penyidik KPK, salah satunya JA selaku wakil Bupati OKU. JA diketahui saat ini maju kembali sebagai Calon Cawagub OKU mendampingi Petahana, Kuryana Aziz (Berita tersebut sudah dilansir https://klikanggaran.com)