Kasus Korupsi Dana Hibah di Sumsel, Kejagung: Siapapun Bisa Jadi Tersangka

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Warih Sadono.
Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Warih Sadono. dok.foto: Harian Terbit

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Warih Sadono menegaskan pihaknya tidak akan tebang pilih dalam menetapkan tersangka baru, kasus dugaan korupsi dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) Pemprov Sumatera Selatan tahun 2013.

Dalam kasus tersebut dirinya menduga korupsi ini telah merugikan negara sekitar Rp21 miliar. Dikatakan Warih, siapa pun dapat dijadikan tersangka, jika disertai alat bukti yang cukup.

“Siapapun nanti, sejauh alat buktinya mendukung, kita mintai pertangung jawaban (jadikan tersangka),” kata Warih di Kejaksaan Agung ( Kejagung)  Senin (21/8/2017).

Menurut dia, pihaknya kini,  tengah mengevaluasi sampai kemudian,  pada tahapan kesimpulan kepada pihak yang bertanggung jawab.

“Jadi, lagi dievaluasi,lalu kita tentukan langkah -langkah selanjutnya. Susah saya atur diskusi pendalaman,” ujarnya.

Sebekumnya sejak sebulan lalu, telah diterbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) baru Nomor: Prin 45/F . 2/Fd. 1/05/2017. Sprindik ini menyikapi temuan fakta baru dalam persidangan dua orang terdakwa, di Pengadilan Tipikor Palembang.

Kedua orang terdakwa atas nama Ikhwanuddin (Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Ikhwanuddin dan Kaban Pengelolaan Keungan) dan Aset Daerah Laonma Pasindka Tobing menyebutkan mereka cuma menjalankan perintah atasan.

Mereka ditetapkan tersangka sesuai Sprindik Nomor: Print-95/F/Fd. 1/09/2015, tanggal 8 September 2016. Dua terdakwa ini baru ditahan,  setelah berkas perkara dilimpahkan ke pengadilan.

Bandingkan, dengan perkara serupa di Pemprov Sumut,  mulai Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan dua orang pejabat teras Pemprov Sumut langsung ditahan saat pertama diperiksa sebagai tersangka.

SUMBER: NETRALNEWS.COM/Wahyu Praditya Purnomo 

Editor : Nazaruli

POSTED BY: ADMIN TRANSFORMASINEWS.COM