Jokowi Jadi Imam dan Bertukar Penutup Kepala dengan Presiden Afghanistan

AFP

TRANSFORMASINEWS.COM, AFGANISTAN. DALAM kunjungannya yang hanya enam jam ke Afghanistan, kemarin, Presiden Joko Widodo melakukan banyak agenda, salah satunya shalat dhuzur berjamaah di Majid komplek Istana Kepresidenan Agr, Kabul. Dalam kesempatan tersebut, Presiden menjadi Imam dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Bahkan, kedua Presiden juga sempat bertukar penutup kepala. Presiden Jokowi menerima longi, topi panjang yang menjuntai dan juga mengenakan chapan, jubah khas Afganistan. Juntaian longi ini bila dibentangkan mencapai 7 meter.

Sementara Presiden Ashraf Ghani menerima peci berwarna hitam dan langsung disematkan oleh Presiden Jokowi.

“Setelah tukar-menukar tutup kepala, di tengah guyuran salju, keduanya menuju Masjid untuk menunaikan salat zuhur berjamaah,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, hari ini.

Hari ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jakowi bersama rombongan sudah tiba di Tanah Air. Bey Machmudin, dalam siaran persnya, menyatakan hujan yang mengguyur Jakarta menyambut kedatangan Presiden dan rombobgan yang tiba sekira pukul 05.20 WIB di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa.

Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya, Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (29/1) pukul 17.25 Waktu Setempat (WS) atau 20.05 WIB dan singgah di Bandar Udara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka, Bangladesh untuk pengisian bahan bakar.

Sumber: Mediaindonesia.com (OL-7)

Posted by: Admin Transformasinews.com