Jalan Nasional Prabumulih– Baturaja Sudah Mulus Hasil Pekerjaan Tahun 2019

TRANSFORMASINEWS.COM, PALEMBANG – Pasca dilakukannya kegiatan Preservasi Jalan Nasional Ruas Prabumulih -Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja tahun 2019, waktu tempuh kenderaan roda empat dari Palembang – Baturaja dan sebaliknya yang sebelumnya bisa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam, sekarang bisa ditempuh dalam waktu 3 sampai 3 setengah jam.  

Kegiatan penanganan Jalan Nasional Ruas Prabumulih – Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja sumber dana APBN tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Metropolitan (Satker PJN) PalembangBalai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang terbukti telah membe rikan manfaat dalam mening katkan pelayanan publik khususnya bagi masyarakat pengguna jalan jalan Prabumulih – Baturaja dan sebaliknya Sebelum dilakukan penanganan, waktu tempuh kenderaaan roda 4 Prabumulih – Baturaja memakan waktu 2 setengah jam.

Sekarang hanya butuh waktu sekitar 2 jam. Perjalanan dari Palembang – Baturaja dan sebaliknya yang sebelumnya Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada Kemen PUPR pada tahun 2015 lalu Ruas Jalan sepanjang 104 Km itu merupakan bagian dari sepanjang 1.600,16 Km Jalan Nasional di Prov. Sumsel yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Me nteri PUPR N o . 2 9 0 / K P T S / I I I / 2 0 1 5 tetntang Penetapan Ruas Jalan Menurut Stasusnya sebagai Jalan Nasional Dipihak lain Koordinator Sumbagsel Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Sumbagsel Ir. Amrizal Aroni, M.S I  dalam perbincangan dengan awak media. 

“Mengatakan Saat ini kondisi ruas Jalan Nasional Praumulih sampai Baturaja sudah cukup bagus. Boleh dibilang sudah 90% mulus, dan sampai sekarang masih terus dilakukan perbaikan membutuhkan waktu 5 jam lebih, pasca dilakukan penang anan, hanya memakan waktu 3 sampai 3 setengah jam.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK ) 3 4 Provinsi  Sumatera Selatan H. Maulana, ST, M.Si atas izin Kepala BBPJN V Palembang Ir. H. Kgs. Saiful Anwar, MT dan KepalaSatuan Kerja Pelaksanaan Jalan Metropolitan Palembang Susan Novesia, ST, MT, d a l a m p e r b i n c a n g a n d e n g a n awak media baru-baru ini menjelaskan, kegiatan Preservasi Ruas Jalan Prabumulih – Beringin – Batas OKU – Baturaja, dana APBN tahun 2019 berupa peningkatan jalan sepanjang 17,250 Km (Efektif), lebar 7 Meter di sepanjang 104 Km Ruas Prabumulih – Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja.

Pekerjaan utama yang kita lakukan berupa peningkatan dengan sebelumnya, Sebelum dilakukan perbaikan waktu tempuh Prabumulih – Baturaja dengan menggunakan kenderaan roda 4 membutuhkan waktu sampai 2 setengah jam, sekarang bisa 1 setengah jam. Palembang – Prabumulih sekarang bisa tembus 2 sampai 2 setengah jam yang sebelumnya bisa palembang-Baturaja memakan waktu 5 jam lebih, kata Amrizal yang mengaku sering lalu lalang dari Prabumulih – Baturaja dan P r a b u m u l i h – Palembang.

Ditanya seputar kwalitas pekerjaan di lapangan,  menurut  A m r i z a l yang kini berdomisili di Prabumulih, secara kasat mata cukup bagus, perkerasannya mantap dan Hotmixnya juga mulus, jelas Amrizal seraya menambahkan hasil pembangunan tahun ini cukup memuaskan bila dibandingkan dengan hasil pekerjaan tahun – tahun sebelumnya Menurut Amrizal yang juga tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pengadaan Bebas Korupsi, dirinya aktif mema n t au pe k e rj a a n p e n i n g k a t a n J a l a n Prabumulih – Baturaja. 

Sebelum di lakukan pekerjaan, awal pekerjaan (titik nol) ada bukti – bukti foto, jadi saya bicara sesuai fakta, papar Amrizal yang juga Ketua Umum LSM INDOMAN Salah seorang Pengemudi Travel yang setiap hari lalu lalang Palembang – Baturaja PP, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah melakukan perbaikan Jalan Prabumuli h – Palembang. Sekarang tidak ada lagi lobang-lobang, jalan sudah mulus .

Penumpang nyaman dan waktu tempuh yang sebelum dilakukan perbaikan bisa 5 jam lebih, sekarang menjadi 3 sampai 3 setengah jam  Pasca dilakukannya kegiatan Preservasi Jalan Nasional Ruas Prabumulih -Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja tahun 2019, waktu tempuh kenderaan roda empat dari Palembang – Baturaja dan sebaliknya yang sebelumnya bisa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam, sekarang bisa ditempuh dalam waktu 3 sampai 3 setengah jam.

Pengadaan Menjadi Trigger Pertumbuhan Ekonomi konstruksi aspal Hotmix 3 lapis yakni : AC – Base tebal 7,5 Cm, AC – BC 6 Cm dan AC – WC dengan ketebalan 6 Cm. “ Sampai akhir September 2019, progress fisik pekerjaan sudah mencapai 65%, kita optimis akan selesai dengan baik 100% sesuai jadwal kontrak pada Akhir Desember 2 0 1 9 mendatang”, kata Maulana seray menegaskan pihaknya sangat memperhatikan mutu pekerjaan dan selalu terbuka siap menerima masukan dari masyarakat Preservasi Ruas Jalan Prabumulih – Beringin – Batas OKU – Baturaja sumber dana APBN tahun 2 0 1 9 dipercayakan kepada PT. Rimbo Peraduan selaku pemenang tender dengan nilai kontrak sebesar Rp. 65.052.007.891,88.

Untuk diketahui, ruas Jalan Prabumulih –Beringin – Batas Kab. OKU – Baturaja merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada Kemen PUPR pada tahun 2015 lalu Ruas Jalan sepanjang 104 Km itu merupakan bagian dari sepanjang 1.600,16 Km Jalan Nasional di Prov. Sumsel yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No . 2 9 0/KPTS/III/2015 tetntang Penetapan Ruas Jalan Menurut Stasusnya sebagai Jalan Nasional.

Dipihak lain Koordinator Sumbagsel Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Sumbagsel Ir. Amrizal Aroni, M.Si dalam perbincangan dengan awak media mengatakan.  saat ini kondisi ruas Jalan Nasional Prabumulih sampai Baturaja sudah cukup bagus. 

Boleh dibilang sudah 90% mulus, dan sampai sekarang masih terus dilakukan perbaikan di lapangan Sebelum dilakukan perbaikan, waktu tempuh Prabumulih – Baturaja dengan menggunakan kenderaan roda 4 membutuhkan waktu sampai 2 setengah jam, sekarang bisa 1 setengah jam .

Palembang – Prabumulih sekarang bisa tembus 3 sampai 3 setengah jam yang sebelumnya bisa memakan waktu 5 jam lebih, kata Amrizal yang mengaku sering lalu lalang dari Prabumulih – Baturaja dan Prabumulih – Palembang.

Ditanya seputar kwalitas pekerjaan di lapangan, menurut  Amrizal yang kini berdomisili di Prabumulih, secara kasat mata cukup bagus, perkerasannya mantap dan Hotmixnya juga mulus, jelas Amrizal seraya menambahkan hasil pembangunan tahun ini cukup memuaskan bila dibandingkan dengan hasil pekerjaan tahun – tahun sebelumnya Menurut Amrizal yang juga tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pengadaan Bebas Korupsi, dirinya aktif memantau pekerjaan peningkatan Jalan Prabumulih – Baturaja.

Sebelum dilakukan pekerjaan, awal pekerjaan (titik nol) ada bukti –bukti foto, jadi saya bicara sesuai fakta, papar Amrizal yang juga Ketua Umum LSM INDOMAN,  Salah seorang Pengemudi Travel yang setiap hari lalu lalang Palembang – Baturaja PP, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah melakukan perbaikan Jalan Prabumulih – Palembang.

Sekarang tidak ada lagi lobang-lobang, jalan sudah mulus  Penumpang nyaman dan waktu tempuh yang se belum dilakukan perbaikan bisa 5 jam lebih, sekarang menjadi 3 sampai 3 setengah jam.

Sumber: Detektifswasta (tim)

Editor: A.Aroni

Posted by: Admin