Jalan Desa Di Kecamatan Martapura Selesaikan DD Tahap Awal 20 Persen

MONITORING: Monitoring yang dilakukan pada setiap desa di Kecamatan Martapura, OKUT, yang melakukan pembangunan jalan pada titik nol, atau awal pembangunan.

TRANSFORMASINEWS.COM, MARTAPURA-OKU TIMUR. Desa-desa di Kecamatan Martapura, OKU Timur, sudah menyelesaikan penyaluran dana desa (DD) tahap awal yang cair sebesar 20 persen.

Mayoritas desa membangunkan dana yang bersumber dari APBN itu, ke bangunan jalan rabat beton didesa mereka masing-masing,
Demikian disampaikan oleh Camat Martapura H Faisal MM melalui Kasi PMD Yusilawati, Minggu (6/5).

Menurut Yusilawati, sejumlah desa yang berhasil dikonfirmasi yang sudah menyelesaikan pembangunan dana 20 persen, diantaranya Desa Keromongan jalan rabat beton panjang 195 meter lebar 4 meter dengan ketebalan 15 Cm.

Kemudian Desa Kotabaru yang membangun jalan rabat beton dengan panjang 100 meter lebar 2.5 meter dengan ketebalan 15 Cm, dan Desa Sukomulyo jalan rabat beton dengan panjang 122 meter lebar 3 meter dengan ketebalan 15 cm.

“Selain tiga desa yang disebutkan, ada enam desa lagi sudah merampungkan pembangunan 20 persen yang sudah cair,” kata Yusi , saat dikonfirmasi progres pembangunan jalan di desa-desa di Kecamatan Martapura.

Di setiap desa yang telah melakukan pembangunan titik nol atau awal pembangunan, pihaknya melakukan monitoring untuk melihat apakah sesuai dengan RAB desa masing-masing dan memastikan bangunan itu sesuai dengan RAB desa.

Dirinya juga berharap, agar bangunan desa-desa di Kecamatan Martapura sesuai dengan RAB dan bangunan itu lebih tahan lama, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat desa setempat.

“Jika dana desa tahap II dan tahap III cair, desa-desa mayoritas juga akan membangun jalan rabat beton, karena fokus desa saat ini memperbaiki isnfratuktur jalan desa tanpa mengenyampingkan program-program lainya. Memang fokusnya ke jalan desa, namun kan ada juga program lainya perlu pendanaan, jadi sesuai dengan perencanaan desalah,”ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Keromongan Muhammad Denan mengatakan, pembangunan jalan rabat beton merupakan aspirasi masyarakat desanya yang meminta agar jalan menjadi skala prioritas pembangunan di Desa Keromongan.

“Jalan kan sangat vital sekali, jadi fokus kita masih ke jalan dalam menggunakan dana desa ini. Sehingga, jalan di pedesaan lebih baik tentunya,” ucapnya.

Ralat: Dalam berita tadinya tertulis 0,15 Cm. Yang benar 15 Cm dengan ini diralat, maaf atas kesalan dalam pengatikan (Redaksi Transformasinews.com).

Sumber: Palpres.com

Editor: Nurmuhammad

Posted by: Admin Transformasinews.com