Gawat! Pukul 11 Kotak Suara Belum Sampai ke TPS di Banyuasin Sumsel

Petugas dengan pengawalan aparat keamanan berusaha maksimal untuk mendistribusikan logistik untuk kawasan Pulokerto, Palembang. Namun, sayang hal berbeda terjadi di Banyuasin. Sejumlah TPS di Talang Keramat dan Kenten Laut belum mendapatkan kotak suara hingga pukul 11.00WIB lewat, 17 April 2018. (Foto: Rio Siregar)

TRANSFORMASINEWS.COM, BANYUASIN – Entah apa yang terjadi. Sebelum hari KPU pusat hingga daerah beramai-ramai mematikan distribusi aman, lancar dan tanpa kendala. Ternyata, hingga pukul 11.00WIB 17 April, kotak suara tak kunjung muncul di TPS.

Awalnya, tim globalplanet mengira hanya terjadi di satu TPS yakni TPS 02 Talang Kelapa. Tapi ternyata terjadi di banyak TPS Kabupaten Banyuasin, Sumsek. Terpantau di Kecamatan Talang Kelapa, di seperti di Kelurahan Talang Keramat hingga Kenten Laut.

Warga yang awalnya antusias datang untuk mencoblos lebih awal selanjutnya melanjutkan aktivitas lain, harus kecewa dan kembali ke rumah. Karena kotak suara beserta surat suara tidak kunjung datang.

“Di TPS 01 Kompleks Tri Sharma Talang Keramat, Banyuasin sampai jam 10 tidak ada kotak suara, jadi belum nyoblos. Dan sudah banyak yang balik,” ujar Desi Ariyani, salah satu pemilih.

Kejadian serupa juga terjadi di Kenten Laut, Banyuasin. Salah satu warga kompleks Kenten Azhar mengungkapkan, mereka terpaksa pulang karena sudah menunggu lama, pencoblosan tidak dimulai. “Kata orang petuga, kotak suara belum datang, sudah lama menunggu,” sebutnya.

Hingga berita ini diturunkan, globalplanet telah berusaha menghubungi KPU Banyuasin untuk mengetahui penyebab terhambatnya distribusi logistik ini.

Mulai Ramai di Media Sosial

Sudah ramai di media sosial, warga bertanya dan melampiaskan kekecewaannya. Seperti yang ditulis Facebook atas nama Ardani Bae. Berikut tulisnya;

“Halooo, KPU Banyuasin ngapo lan jam 10 kotak suara belum sampai ke TPS kami di Kenten Laut,” tulisnya.

Padahal sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Ketua KPU Sumsel dan pihak terkait lain dalam peninjauan distribusi logistik di kawasan perairan, memastikan distribusi logistik lancar. “Logikanya kalau perairan lancar, darat lebih lancar,” ujar gubernur waktu itu.

Sumber: globalplanet.news

 Reporter : Adi Irawan/A Taufiq Akhbar

 Editor : Zul Mulkan

Posted by: Admin