Dana Desa Modal Awal Perbaikan Desa

ILUSTRASI DANA DESA

TRANSFORMASINEWS.COM, JAKARTA. SEKRETARIS Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Anwar Sanusi menjelaskan dana desa merupakan kebijakan untuk mengubah paradigma negara dalam melihat desa. Pasalnya, ada sekitar 60% lebih desa masuk kategori tertinggal atau sangat tetinggal dari sisi infrastruktur dasar.

Penerapan dana desa pun terlihat positif bagi desa. Dari pencairan dana desa, berbagai aktivitas pembangunan pun banyak dikerjakan. Pada 2017 tercatat sudah diba-ngun 1.960 jembatan, 121.709 kilometer jalan, dan banyak fasilitas dasar seperti sumur, PAUD, hingga drainase.

“Itu merupakan modal awal perbaikan kehidupan di perdesaan,” kata dia dalam Rembuk Integritas Nasional di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, kemarin.

Anwar menyebutkan pada 2018 ini ada empat program prioritas pemanfaatan dana desa, yaitu membuat desa punya produk unggulan, mengoptimalkan BUM-Des, membangun embung, dan membangun sarana olahraga.

Dari Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung menerima pencairan dana desa tahap dua sebesar Rp.83 miliar atau 40% dari total dana desa 2017. Dana tersebut segera didistribusikan ke 266 desa yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah Kabupaten Temanggung, Kristi Widodo, menjelaskan dana tersebut sudah ditransfer ke BKK dan Bank Pasar.

“Seharusnya saat ini sudah ada di rekening desa,” kata Kristi.
Masih terkait dengan dana desa, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) mencatat anggaran dana desa untuk Sumsel pada 2018 meningkat sekitar 2%.

Anggaran dana desa yang telah ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara untuk 2.859 desa di Sumsel pada 2018 sebesar Rp.2,30 triliun.’

“Meningkat sekitar 2% dari tahun ini yakni Rp.2,26 triliun. Naiknya memang tidak terlalu besar hanya sekitar Rp.42,13 miliar,” kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendahaan Sumsel, Sudarso.

Sumber: Mediaindonesia (AT/TS/DW/N-3)

Posted by: Admin Transformasinews.com